Risiko Kerusakan Ginjal Berhubungan dengan Kondisi Long Covid, Ini Penjelasan Dokter!

Rizky Pradita Ananda ยท Sabtu, 04 September 2021 - 15:08:00 WIB
Risiko Kerusakan Ginjal Berhubungan dengan Kondisi Long Covid, Ini Penjelasan Dokter!
Risiko gangguan ginjal terkait dengan long Covid. (Foto: parade.com)

JAKARTA, iNews.id - Kondisi long Covid-19 biasa dialami banyak pasien pasca sembuh dari penyakit infeksi pernapasan tersebut. Kini dari salah satu studi penelitian terbaru menyebut risiko lebih tinggi terjadi pada organ ginjal dan jadi salah satu dampak kesehatan terkait dengan kondisi long Covid.

Menurut sebuah studi baru, Long Covid-19 ada hubungannya dengan risiko lebih tinggi untuk masalah ginjal baru. Kesimpulan yang dikutip dari Reuters ini didapat setelah menganalisis data pada lebih dari 1,7 juta orang veteran AS, termasuk hampir 90.000 orang yang sembuh dari Covid-19 dengan gejala yang berlangsung setidaknya selama 30 hari.

Para peneliti menemukan para long haulers ini berisiko lebih tinggi terkait masalah ginjal yang baru dibandingkan dengan orang yang belum terinfeksi Covid-19. Menurut studi yang dilaporkan di Journal of American Society of Nephrology tersebut, sekitar 5 persen kelompok pasien Long Covid setidaknya mengalami penurunan hingga 30 persen dalam ukuran kritis fungsi ginjal yang dikenal sebagai perkiraan laju filtrasi glomerulus atau eGFR.

Dr. Ziyad Al-Aly, salah satu penulis studi mengungkapkan temuan ini memperlihatkan ada keterkaitan antara kondisi Long Covid dengan penyakit ginjal.

“Temuan kami menekankan pentingnya memperhatikan fungsi dan penyakit ginjal dalam merawat pasien yang telah terinfeksi Covid-19,” ujar dokter dari Universitas Washington tersebut.

Secara keseluruhan, orang dengan Long Covid mempunyai kemungkinan 25 persen lebih tinggi daripada orang yang tidak terinfeksi untuk mengalami penurunan eGFR 30 persen dengan risiko lebih tinggi pada orang yang selamat dari penyakit yang lebih parah.

Adapun secara alami, fungsi ginjal sering menurun seiring bertambahnya usia tapi kerusakan ginjal pada orang yang mengalami Long Covid disebutkan lebih dari apa yang terjadi dengan penuaan ginjal secara normal melalui pertambahan usia.

Editor : Dyah Ayu Pamela

Bagikan Artikel: