Sering Mimpi Buruk? Ini 4 Hal yang Jadi Penyebabnya

Siska Permata Sari ยท Senin, 02 Desember 2019 - 14:05 WIB
Sering Mimpi Buruk? Ini 4 Hal yang Jadi Penyebabnya

Mimpi buruk bisa disebabkan oleh banyak hal. (Foto: Freepik).

JAKARTA, iNews.id - Mimpi buruk menjadi tanda bahwa kualitas tidur Anda tidak begitu bagus. Selain itu, tak jarang mimpi buruk bisa sangat mengganggu Anda, apalagi jika itu tentang keluarga, persahabatan, hubungan Anda dengan pasangan, pekerjaan atau ketakutan terbesar Anda.

Mimpi buruk, memang menjadi hal yang wajar bila itu muncul sesekali dan kehadirannya tidak menggangu Anda. Tetapi, kalau mimpi buruk itu berlangsung sering, apa alasannya?

Mari temukan salah satu dari empat alasan umum seperti dirangkum iNews.id dari Well+Good, Senin (2/12/2019).

Ada Masalah yang Tidak Dihadapi

Lauri Quinn Loewenberg selaku analis mimpi dan penulis Dream on It mengatakan, salah satu alasan Anda kerap bermimpi buruk adalah masalah yang Anda abaikan. "Mimpi buruk biasanya disebabkan oleh masalah yang sulit, diabaikan, atau tidak ditangani. Mimpi buruk mengganggu karena terhubung dan mencoba membantu Anda dengan situasi yang tidak menyenangkan dalam hidup Anda," kata Loewenberg.

Trauma Masa Lalu

Trauma masa lalu juga dapat menyebabkan mimpi buruk lantaran stres pasca-trauma. Perbedaannya dengan jenis-jenis mimpi buruk ini, kata Loewenberg, adalah bahwa mimpinya tidak berupa simbol, melainkan muncul sebagai ulangan dari peristiwa traumatis. 

Masalah Kesehatan

Masalah kesehatan atau obat tertentu yang Anda minum juga bisa menjadi penyebab mimpi buruk yang berulang.

Habis Menonton Film

Film-film seram pasti juga dapat menyebabkan Anda memiliki mimpi yang tidak terlalu menyenangkan. "Alam bawah sadar cenderung 'meminjam' elemen dari hari dan memasukkannya ke dalam alur cerita mimpi kita di malam hari," kata Loewenberg.


Editor : Adhityo Fajar