Sudah Vaksin Lengkap Masih Bisa Terkena Omicron? Ini Tanda-tandanya

Muhammad Sukardi ยท Selasa, 22 Februari 2022 - 09:17:00 WIB
Sudah Vaksin Lengkap Masih Bisa Terkena Omicron? Ini Tanda-tandanya
Ini tanda-tanda orang terkenan Omicron. (foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Orang yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 dosis lengkap diyakini tidak begitu parah gejalanya saat terinfeksi Omicron. Bahkan, Kementerian Kesehatan menyakini kelompok tersebut biasanya tidak bergejala atau bergejala ringan saat terpapar Omicron.

Namun, penelitian di Norwegia menemukan data baru soal gejala Omicron pada orang yang sudah divaksin dosis lengkap. Data diambil dari studi kecil pada pesta yang di dalamnya diketahui dihadiri 111 orang positif Covid-19.

"Peneliti Norwegia melakukan studi wawancara pada 111 tamu pesta yang dinyatakan positif Covid-19. Dari 111 tamu, 89 persen sudah menerima vaksin mRNA dosis lengkap, tidak ada satupun yang sudah di-booster," dilansir dari laporan Independent, Selasa (22/2/2022).

Hasil studi yang diterbitkan dalam jurnal penyakit menular dan epidemiologi, Eurosurveillance, menunjukkan bahwa ada 8 gejala utama Omicron pada orang yang sudah divaksin dosis lengkap.


Inilah 8 gejala tersebut:

1. Batuk

2. Pilek

3. Kelelahan

4. Sakit tenggorokan

5. Sakit kepala

6. Nyeri otot

7. Demam

8. Bersin-bersin

"Studi tersebut menemukan bahwa batuk, pilek, dan kelelahan adalah gejala paling umum Omicron pada individu yang sudah divaksin dosis lengkap, sementara bersin dan demam paling jarang terjadi," kata laporan tersebut.

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda