Tak Perlu Takut Makan Daging Kambing, Ini 6 Manfaat Sehat yang Anda Dapatkan

Siska Permata Sari ยท Jumat, 31 Juli 2020 - 09:36 WIB
Tak Perlu Takut Makan Daging Kambing, Ini 6 Manfaat Sehat yang Anda Dapatkan

Daging punya banyak manfaat. (Foto: Boldsky)

JAKARTA, iNews.id - Kebanyakan dari kita sudah tahu bahwa mengonsumsi daging merah terlalu banyak dapat berdampak buruk bagi kesehatan, terutama kesehatan jantung. Tetapi hal itu rupanya tak berlaku bagi daging kambing, bahan masakan yang lekat dengan momen Hari Idul Adha seperti sekarang. Mengapa?

Sebab, daging kambing memiliki sejumlah manfaat gizi. Mulai dari kalori, total lemak, lemak jenuh dan kolesterol yang lebih rendah daripada daging pada umumnya.

Daging kambing jug memiliki tingkat zat besi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan ukuran porsi daging sapi, babi, domba, dan ayam. Selain itu, daging kambing juga mengandung kadar kalium lebih tinggi dan kadar natrium lebih rendah.

Lalu, apa manfaatnya daging kambing bagi tubuh? Simak daftarnya, seperti dilansir dari Times of India, Jumat (31/7/2020).

1. Lebih rendah lemak

Seperti disebutkan sebelumnya, daging kambing cenderung lebih ramping sehingga tak terlalu memiliki banyak lemak dibandingkan daging hewan lainnya. Selain rendah lemak, daging kambing juga memiliki kalori jauh lebih rendah, yang berarti sangat ideal bagi Anda yang sedang diet.

2. Lebih sehat untuk jantung

Daging merah diketahui tinggi dengan lemak jenuh yang meningkatkan kadar kolesterol dan menyebabkan penyakit jantung. Berbeda dengan daging kambing yang memiliki kadar lemak jenuh yang sangat rendah dan tidak akan membahayakan kesehatan jantung Anda. Rendahnya kadar lemak jenuh dalam daging ini disebut mampu meningkatkan kadar kolesterol darah dan meredakan peradangan.

3. Baik untuk cegah atau kurangi gejala anemia

Seperti yang dikatakan sebelumnya, daging kambing mengandung zat besi lebih tinggi daripada ayam. Zat besi ini merupakan nutrisi penting, terutama bagi kaum perempuan yang kekurangan cadangan zat besi sehingga menyebabkan anemia.

4. Menurunkan berat badan

Selain rendah lemak, daging kambing juga mengandung Vitamin B, yang dikenal mampu membantu seseorang untuk membakar lemak secara efektif. Jadi, sedikit porsi daging kambing baik untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan.

5. Punya manfaat untuk kulit

Daging kambing dikemas dengan vitamin B12, yang dikenal untuk membantu Anda mendapatkan kulit yang sehat.

6. Porsi sehat

Anda akan mendapatkan manfaat sehat ini jika mengonsumsi dalam porsi yang sehat. Dalam artian tidak berlebihan dan sesuai kebutuhan tubuh Anda.

Misalnya, 100 gram daging kambing mengandung rata-rata 105 kalori dengan 2,3 gram lemak jenuh. Anda bisa menakarnya sendiri untuk menghindari konsumsi berlebihan.

Selain itu, perhatikan juga makanan pendamping dari daging kambing, yaitu nasi, sayuran dan lauk pendamping. Perhatikan juga cara memasak daging kambing, jangan sampai kadar gula, garam dan lemak berlebihan.

Editor : Tuty Ocktaviany