Terlalu Sering Pakai Masker Wajah Jerawatan, Ikuti 5 Langkah Ini untuk Mencegahnya

Novie Fauziah · Kamis, 28 Oktober 2021 - 11:08:00 WIB
Terlalu Sering Pakai Masker Wajah Jerawatan, Ikuti 5 Langkah Ini untuk Mencegahnya
Memakai masker seharian dapat merangsang pertumbuhan jerawat-jerawat kecil di area wajah. (Foto Ilustrasi: istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Berdampingan hidup dengan pandemi Covid-19 mau tak mau kini harus dijalani setiap orang di dunia. Masker dan hand zanitizer pun menjadi senjata utama kita saat ingin beraktivitas ke luar rumah. 

Namun tahukah Anda kalau terlalu sering pakai masker juga berdampak pada kerusakan kulit, khususnya di area dagu, pipi, dan hidung. Bisa jadi, karena seharian pakai masker, wajah di area tersebut terlalu lembab, sehingga menimbulkan jerawat-jerawat kecil. 

Belum lagi jika masker tersebut digunakan seharian penuh, bisa dibayangkan betapa area yang tertutup itu penuh dengan bakteri jahat. Untuk itu ada baiknya mengganti masker setiap 5-6 jam. Atau sesekali cobalah keluar dari ruangan Anda dan lepaskan masker sejenak agar kulit bisa bernapas. 

Dikatakan pakar kulit dan kecantikan Dr Danar Wicaksono, pemakaian masker seharian biasanya menimbulkan area wajah kemerahan, sehingga merangsang keluarnya jerawat-jerawat kecil atau bruntusan. 

“Membersihkan kulit sebelum tidur menjadi penting karena salah satu masalah kulit, breakout, disebabkan oleh beberapa hal seperti kulit yang terpapar bahan atau zat kimia tertentu dan juga karena perubahan hormon,” kata dr Danar. 

Untuk itu, dr Danar pun menyarankan agar setiap orang di masa pandemi ini lebih banyak membersihkan area wajah, khususnya saat tiba di rumah dan malam sebelum tidur. Dr Danar pun membagikan 5 tips agar wajah tetap sehat meski harus memakai masker seharian.

1. Rajin membersihkan wajah

Membersihkan wajah mutlak dilakukan setelah keluar dari rumah atau selesai beraktivitas. Biasakan untuk melakukan pembersihan dengan cara yang tepat. Bisa dimulai dengan memakai susu pembersih rose cleansing milk dan penyegar wajah rose water. 

“Biasakan lakukan pembersihan wajah dengan benar, jangan asal-asalan saja. Sebab saat wajah tertutup masker, kelembapannya berkurang, sehingga perlu perawatan yang ekstra,” kata dr Danar di sela-sela virtual jumpa pers Herborist Rose Water, Rabu (27/10/2021). 

2. Mencuci wajah

Setelah memakai susu pembersih pada wajah, lanjutkan dengan membersihkan menggunakan sabun. Biasakan memilih sabun wajah yang aman, ringan, dan teruji secara dermatologis. Dikatakan Septyana Nataya perwakilan dari Herborist, sabun wajah dengan kandungan bunga mawar bisa menjadi pilihan. 

“Saat ini memang lagi trend skincare yang menggunakan bahan aktif dari alam, salah satunya yang terbukti punya banyak manfaat adalah bunga mawar. Tapi jangan asal memilih, pastikan sudah teruji,” kata dr Danar Wicaksono. 

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: