Usai Rakerkesnas 2019, Kemenkes Fokus Tingkatkan Cakupan Semesta

Siska Permata Sari ยท Kamis, 14 Februari 2019 - 18:37 WIB
Usai Rakerkesnas 2019, Kemenkes Fokus Tingkatkan Cakupan Semesta

Presiden Jokowi bersama Menkes Nila Moeloek dan jajaran Kementerian Kesehatan di Rakerkesnas 2019. (Foto: Kemenkes)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah menggelar Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) 2019 yang dilaksanakan di Tangerang, 11-13 Februari lalu. Hasilnya, Kemenkes fokus meningkatkan cakupan kesehatan semesta (UHC).

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengatakan, cakupan kesehatan semesta bukan hanya pencapaian jumlah orang yang dicakup oleh Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), melainkan suatu rangkaian upaya yang holistik, strategis, dan integral dari semua upaya pembangunan kesehatan.

"UHC bertumpu pada upaya promotif, preventif termasuk pengendalian penyakit, serta pelayanan kesehatan kuratif dan rehabilitatif dengan mengarusutamakan pelayanan kesehatan primer yang berkualitas," kata Menkes, seperti dikutip dari keterangan pers, Kamis (14/2/2019).

Dalam Sidang Executive Board 144 tahun 2019, telah disepakati WHO 13th General Program of Work untuk mencapai target kesehatan pada 2023 oleh semua negara anggota WHO, termasuk Indonesia.

Target-target tersebut mencakup satu miliar orang mendapatkan manfaat Universal Health Coverage (UHC), satu miliar orang lebih terlindungi dari kedaruratan kesehatan, dan satu miliar orang menikmati hidup yang lebih baik dan sehat.

Untuk itu, pemerintah bersama masyarakat berkomitmen mencapai Cakupan Kesehatan Semesta (Universal Health Coverage) agar semua orang memiliki akses mendapatkan pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu tanpa hambatan finansial.

“Cakupan kesehatan semesta juga sangat berkaitan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), yang menargetkan pada 2030 tidak satu pun orang yang tidak menikmati hasil pembangunan berkelanjutan,” ucapnya.

Seperti diketahui pada 12 – 13 Februari 2019, sebanyak 1.948 orang yang terdiri dari peserta Kemenkes, Unit Pelayanan Teknis (UPT) Vertikal Kemenkes, peserta Daerah (Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota seluruh Indonesia), Lintas Sektor/Lintas Program, Swasta, serta organisasi masyarakat yang berkaitan dengan kesehatan, berkumpul untuk melakukan rapat kerja kesehatan nasional (Rakerkesnas).

Pada Rakerkesnas kali ini membahas isu-isu kesehatan yang menjadi perhatian Kemenkes, di antaranya Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Neonatal (AKN), Penyakit Tidak Menular (PTM), Stunting, Imunisasi, Tuberkulosis (TB). Selain itu, ada pula pembahasan mengenai digital health/e-health, kesiapan menghadapi bencana (pra dan post), pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) dan obat, JKN, Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), serta Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) dan community engagement.

Editor : Tuty Ocktaviany