Vaksin Covid-19 Sudah Teruji Aman dan Halal, dr Tirta Ajak Masyarakat Tidak Mudah Percaya Hoax

Siska Permata Sari ยท Selasa, 16 Februari 2021 - 06:58:00 WIB
Vaksin Covid-19 Sudah Teruji Aman dan Halal, dr Tirta Ajak Masyarakat Tidak Mudah Percaya Hoax
Dokter Tirta ajak masyarakat tidak mudah percaya hoax. (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNews.id - Pembahasan vaksinasi Covid-19 masih terus berlanjut di Podcast Healthy Life by MNC Trijaya FM. Pada episode kali ini, dr Tirta berkesempatan hadir untuk memberi penjelasan lebih lanjut terkait vaksinasi. Dirinya pun salah satu orang yang termasuk mendapatkan vaksin pertama bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), di mana dr Tirta mewakili perwakilan tenaga kesehatan atau nakes. 

Karena berkesempatan menjadi penerima vaksin pertama, dr Tirta melakukan beberapa persiapan sebelum memulai vaksinasi. “Jadi saya SWAB antigen dulu karena kan saya relawan, takutnya nanti malah kenapa-kenapa. Lalu yang kedua bedrest pak, tidur cukup makan teratur, gitu pak,” kata dr Tirta. 

Selain itu, host menanyakan apakah persiapan fisik yang baik dan pikiran yang baik juga akan mempengaruhi proses vaksinasi dan hal ini dibenarkan dr Tirta. “Iya betul, soalnya kan vaksin ini sudah teredukasi aman, pak. Jadi vaksin ini memang bagus, saya juga bingung ini ada yang nolak gak masuk akal gitu atau kemakan hoax gak tau deh saya, padahal dari MUI dan BPOM sudah dinyatakan halal, suci dan aman," kata dr Tirta. 

dr Tirta juga berpesan kepada masyarakat Indonesia agar masyarakat Indonesia terhindar dari berita-berita yang tidak benar atau hoax. 

“Pesan saya untuk masyarakat Indonesia adalah hindari hoax karena hoax di Indonesia luar biasa ya. Imunisasi di Indonesia sudah ada sejak tahun 1970-an dan terbukti bisa menghilangkan polio dan tampak. Lalu, vaksin ini bukan membuat kita menjadi kebal, tapi membuat orang yang terkena Covid jika kita terinfeksi kemungkinan pemberatan jadi lebih rendah, karena yang akan masuk rumah sakit mereka dengan gejala berat semua. Lalu selama Covid belum berakhir, kita wajib patuhi protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak, cuci tangan,” kata dr Tirta. 

Editor : Tuty Ocktaviany

Halaman : 1 2