Viral Obat dan Herbal Pencegah Covid-19, Ini Faktanya

Leonardus Selwyn ยท Selasa, 25 Mei 2021 - 07:28:00 WIB
Viral Obat dan Herbal Pencegah Covid-19, Ini Faktanya
Ketahui fakta tentang obat dan herbal pencegah Covid-19 yang viral. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Baru-baru ini beredar pesan berantai lewat What’sApp yang menyebarkan daftar obat dan bahan herbal yang diklaim dapat mencegah Covid-19. Tak hanya itu, kabar tersebut juga beredar beserta takaran minum dan cara pengolahannya.

Kabar tersebut menjadi pertanyaan besar bagi publik. Banyak masyarakat yang antusias dengan pesan tersebut di tengah meningkatnya kasus positif Covid-19 di Indonesia. Lantas apakah kabar yang beredar tersebut benar?

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19_id, Selasa (25/5/2021), faktanya informasi yang beredar tersebut tidaklah benar. Melihat dari laman organisasi kesehatan dunia (WHO), hingga saat ini WHO tidak menyarankan penggunaan obat-obatan tertentu yang dapat mencegah seseorang terjangkit Covid-19.

Hal yang sama pun berlaku untuk herbal. Sampai saat ini penggunaan herbal, seperti jahe belum memiliki bukti ilmiah dapat mencegah Covid-19. Dengan demikian, pesan berantai yang menunjukkan daftar obat-obatan dan bahan-bahan herbal yang dapat mencegah Covid-19 tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk berhati-hati dengan informasi terkait kesehatan yang beredar tidak melalui kanal-kanal resmi, seperti postingan di media sosial atau broadcast pesan di aplikasi chatting.

Editor : Dyah Ayu Pamela

Bagikan Artikel: