Virus Corona Mewabah, Ini Alasan Anda Wajib Pakai Masker Kain

Siska Permata Sari ยท Selasa, 07 April 2020 - 13:56 WIB
Virus Corona Mewabah, Ini Alasan Anda Wajib Pakai Masker Kain

Masker wajib dipakai agar tidak terpapar virus corona. (Foto: Ilustrasi AFP)

JAKARTA, iNews.id - Kasus positif virus corona baru (Covid-19) di Indonesia terus bertambah dalam beberapa pekan terakhir. Per Senin (6/4/2020) kemarin, ada pertambahan sebanyak 218 kasus terkonfirmasi positif virus corona sehingga total menjadi 2.491 orang.

Peningkatan kasus positif virus corona tersebut membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan baru yaitu masyarakat harus menggunakan masker. Untuk masyarakat yang sehat, diimbau menggunakan masker kain.

Kebijakan tersebut juga berdasarkan rekomendasi dari World Health Organization (WHO). Hal tersebut karena ada semakin banyak bukti bahwa virus dapat disebarkan oleh orang terinfeksi dengan presimptomatik dan asimptomatik.

“Manfaat utama menutupi hidung dan mulut Anda untuk melindungi orang lain. Meskipun masih banyak yang harus dipelajari tentang virus corona baru ini, tetapi tampaknya banyak orang yang terinfeksi menularkan virus melalui batuk, bersin dan percikan dari saluran pernapasan lainnya, selama 48 jam sebelum mereka mulai merasa sakit,” ujar Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), seperti dikutip dari NPR, Selasa (7/4/2020).

Dia menjelaskan, orang yang terinfeksi virus corona dapat tidak memiliki gejala. Meski tidak mengalami gejala, namun orang tanpa gejala (OTP) cenderung mungkin menularkan virusnya pada orang lain.

Namun di tengah menipiskan alat pelindung diri (APD) seperti masker bedah dan N95, masyarakat diminta untuk menggunakan masker kain. Berdasarkan sejumlah penelitian, masker kain atau buatan sendiri dari bahan katun, dapat membantu memblokir percikan dari saluran pernapasan yang keluar dari orang sakit.

“Jangan gunakan sintetis atau poliester karena melihat kemampuan virus untuk bertahan hidup di permukaan, dan spandex adalah yang terburuk," kata ahli penyakit menular dari Universitas Columbia Dr Daniel Griffin.

Menggunakan masker kain adalah ide yang baik untuk mencegah OTG menularkan virusnya melalui percikan dari saluran pernapasan seperti bersin dan batuk.

“Masker tidak akan melindungi Anda, tetapi itu akan melindungi orang lain di sekitar Anda. Jika orang di sekitar Anda mengenakan masker dan hal yang sama terjadi, mereka sekaligus juga melindungi Anda. Jadi, masker yang dikenakan dengan benar berpotensi menguntungkan,” ucapnya.

Dia juga menyarankan agar Anda mengenakan pelindung mata di tempat umum agar bersin orang lain tidak memercikan virus dan menular melalui mata. Dan, yang tak kalah penting adalah physical distancing atau jaga jarak dengan orang lain.

Editor : Tuty Ocktaviany