Yuk, Kenali Pencegahan Kanker Serviks sejak Dini

Siska Permata Sari · Kamis, 21 Desember 2017 - 16:51 WIB
Yuk, Kenali Pencegahan Kanker Serviks sejak Dini

Waspadai bahaya kanker. (Foto : Hello Sehat)

JAKARTA, iNews.id - Kanker serviks atau kanker leher rahim menjadi salah satu penyakit yang menyebabkan kematian bagi kaum perempuan, di samping kanker payudara. Di Indonesia sendiri, angka penderita kanker serviks telah mencapai sekira 21.000 kasus.

Tak jarang, kanker serviks dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya bila mengalami keterlambatan penanganan. Namun, walaupun demikian, kanker serviks ini dapat dicegah.

Sebelum mengetahui pencegahannya, Anda perlu mengerti dulu apa itu kanker serviks dan penyebabnya. Kanker serviks merupakan kanker yang menyerang leher rahim.

"Penyebabnya adalah HPV atau Human papillomavirus. HPV ini hampir memiliki 120 jenis, tetapi yang paling bertanggung jawab menyebabkan kanker serviks adalah HPV 16 dan 18," kata dr Toto Imam Soeparmono selaku Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi, saat ditemui iNews.id acara Workshop BNI Mother's Day di Kantor BNI Pusat, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (21/12/2017).

Ia menjelaskan, human papillomavirus 16 membawa risiko kanker sebesar 50 persen, sementara yang 18 membawa 20 persen.

"Jadi HPV 16 dan 18 itu membawa penyebab kanker serviks 70 persen," imbuhnya.

Virus HPV ini tidak muncul tiba-tiba di leher rahim, tetapi diantarkan melalui hubungan seksual yang tak sehat.

"Dalam hubungan seksual, ketika penis menabrak mulut rahim, terjadilah yang namanya goresan halus atau dalam istilah medis disebut mikrolesi pada permukaan mulut rahim," papar dia.

Mikrolesi, kata dia, normal terjadi dalam setiap hubungan seksual. Apalagi, mulut rahim memiliki sel regenerasi yang bagus. "Masalah terjadi jika ditempeli bakteri dan menjadi infeksi."

Oleh sebab itu, sambung dia sebelum berhubungan badan dengan pasangan, harus mengecek kebersihan tubuh, terutama alat vital keduanya. Mencuci alat kelamin sebelum berhubungan seksual merupakan salah satu pencegahan yang paling mudah dilakukan.

Selain itu pencegahan lain adalah tidak melakukan hubungan seks dengan lebih dari satu orang atau multipartner. Sebab hal itu dapat meningkatkan risiko kanker serviks yang metode penularannya melalui aktivitas seksual.

"Cara pencegahannya tiga,  berhubungan badan yang bersih, vaksin HPV bagi wanita yang belum menikah dan setelah menikah, serta deteksi dini PAP smear dan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) test," tandasnya.

Editor : Tuty Ocktaviany