5 Kumpulan Manusia Terbesar Sepanjang Sejarah Dunia, India Juaranya

Rilo Pambudi · Kamis, 26 Mei 2022 - 23:10:00 WIB
5 Kumpulan Manusia Terbesar Sepanjang Sejarah Dunia, India Juaranya
kumpulan terbesar sepanjang sejarah dunia berikut in (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Daftar 5 kumpulan terbesar sepanjang sejarah dunia berikut ini akan membuatmu terperanga. Jika berpikir bahwa kerumunan manusia terbesar di dunia terjadi di momentum demonstrasi atau festival musik, tampaknya kamu salah.

Pasalnya, kumpulan dengan jumlah fantastis yang pernah tercatat sejarah justru terjadi dalam acara keagamaan dan pemakaman. Dua momentum tersebut memang seringkali menyedot perhatian massa yang sangat besar.

India menjadi salah satu negara tempat terjadinya kumpulan besar tersebut. Dalam satu kali momentum, kumpulan yang pernah tercatat bahkan mencapai ratusan juta orang.

Dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, Sabtu (5/21/2022), berikut ini adalah kumpulan terbesar sepanjang sejarah berdasarkan jumlah massa yang hadir.

5 Kumpulan Manusia Terbesar Sepanjang Sejarah Dunia:

1. Pemakaman C.N. Annadurai

Conjeevaram Natarajan Annadurai merupakan seorang pemimpin dari Dravida. Annadurai adalah anggota partai Dravida pertama yang menjabat sebagai Ketua Menteri Tamil Nadu ke-1, atau sebagai Ketua Menteri Madras terakhir. 

Ia juga merupakan penulis naskah, aktivis, dan politisi yang sangat dikenal di India pada masanya. Sebagai seorang pejabat, ia memilih hidup sederhana dan berani 
menghadapi banyak pertentangan. 

Pada 3 Februari 1969, Annadurai meninggal dunia setelah didiagnosis menderita kanker mulut. Siapa sangka, pemakamannya dihadiri oleh 15 juta orang India dan menjadi salah satu kumpulan massa terbesar yang pernah tercatat sejarah.

2. Ziarah Arbaeen 2016

Ziarah Arbain atau Ziarah Arbaeen adalah salah satu peringatan besar yang dilakukan oleh umat muslim Syiah. Ziarah ini dilakukan setiap tahun pada 40 hari setelah Asyura atau hari ketika hari ketika Husain cucu Nabi Muhammad terbunuh dalam peristiwa Karbala pada 10 Oktober 680.

Diadakan di Karbala, Irak, Ziarah Arbain selalu dihadiri oleh jutaan umat muslim Syiah dari seluruh dunia. Pada tahun 2016, tercatat ziarah ini dihadiri oleh 25-25 juta orang.

3. Ziarah Arbaeen 2015

Jumlah orang yang datang pada Ziarah Arbain tahun 2016 ternyata belum seberapa. Setahun sebelumnya yakni pada 2015, ziarah ini sempat dihadiri oleh massa yang lebih besar.

Diperkirakan lebih dari 27 juta orang berbondong-bondong menuju tempat suci yang mereka yakini untuk melaksanakan ziarah dengan khusyuk.

4. Kumbh Mela 2010

Festival Kumbh Mela merupakan salah satu ritual paling suci bagi umat Hindu India yang dirayakan empat kali dalam 12 tahun.

Acara keagamaan sekaligus festival budaya ini disebut juga sebagai Festival Kendi. Perayaannya dilakukan dengan cara mandi suci atau mandi bersama di empat titi Sungai Gangga yang berada di wilayah Haridwar, Prayagraj, Ujjain, dan Nasikh. 

Pada tahun 2010, acara ini diperkirakan dihadiri oleh 60 sampai 80 juta peziarah. Hal itu membuatnya tercatat menjadi kumpulan atau pertemuan terbesar kedua sepanjang sejarah manusia.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: