5 Musisi Dunia Ini Ciptakan Lagu tentang Corona, Nomor 3 Pernah Bikin Histeris Indonesia

Rizki Maulana ยท Rabu, 29 April 2020 - 02:30 WIB
5 Musisi Dunia Ini Ciptakan Lagu tentang Corona, Nomor 3 Pernah Bikin Histeris Indonesia

Grup rock gaek The Rolling Stones menciptakan lagu "Living in a Ghost Town" yang terinspirasi dari suasana lockdown akibat pandemi corona. (Foto: AFP).

JAKARTA, iNews.id – Sederet musisi dunia menciptakan lagu yang terinspirasi dari pandemi virus corona atau Covid-19. Lirik-lirik tembang itu berkisah tentang seputar kesedihan global, sepinya kota akibat lockdown, hingga seruan untuk bersatu dan bangkit.

Sejumlah musisi juga mendedikasikan lagunya untuk para tenaga medis yang berada di garis terdepan dalam perang melawan corona. Lewat kata-kata menyentuh, mereka mendoakan agar dokter, perawat dan lainnya tetap kuat.

Laman aplikasi layanan musik Spotify menyebutkan hingga 3 Maret 2020 lalu sudah ada lebih dari 65 lagu yang menyertakan "coronavirus" dalam judulnya. Ada tujuh lainnya dengan "covid19". Tak semuanya populer, namun ada beberapa yang mencuri perhatian.

Lagu-lagu terinspirasi dari corona ini muncul dari berbagai penjuru dunia alias bukan hanya di Amerika yang menjadi barometer musik internasional. Di Lebanon, misalnya, penyanyi Elissa meluncurkan single “Hanghani Kaman Wi Kaman” (Kami akan bernyanyi dan terus bernyanyi). Sementara di India, bintang Bollywood Akhsay Kumar merilis lagu "Muskurayega India" untuk menyemangati warga agar tidak menyerah dalam melewati situasi sulit ini.

Di Indonesia, sederet artis juga telah mengenalkan lagu-lagu mereka tentang penyakit ini. Raja Dangdut Rhoma Irama mendayu-dayu dengan lagu "Virus Corona". Begitu juga grup lawas Bimbo dengan lagu menghanyutkan, "Corona".

Berikut 5 musisi mancanegara yang merilis lagu tentang corona:

1. The Rolling Stones.
Siapa tak kenal The Rolling Stones? Grup rock gaek ini turut menunjukkan simpatinya dengan ikut konser amal bertabur bintang bertajuk “One World: Together at Home” pada Sabtu (18/4/2020) lalu.

Tidak hanya itu, band cadas yang digawangi Mick Jagger ini juga menciptakan lagu berjudul “Living in a Ghost Town” yang terinspirasi dari sepinya kota-kota dunia karena pandemi corona. Lagu ini langsung merajai chart iTunes.

2. Bono.
Frontman U-2 ini menulis lagu berjudul “Let Your Be Known” yang didedikasikan untuk para tenaga medis di garis depan perang melawan Covid-19.Lagu terinspirasi dari lockdown di Italia, salah satu negara dengan kasus kematian terbanyak.

“For the doctors, nurses, carers on the frontline. It’s were you singing to,” ucap Bono di akun Instagram miliknya, Rabu (29/4/2020).

3. Jon Bon Jovi.
Dari studionya di New Jersey, Amerika Serikat, Jon Bon Jovi, mengenalkan proyeknya tentang lagu baru yang terinspirasi dari corona dalam acara “The Tonight Show with Jimmy Fallon”.

Jon lantas mengundang penggemarnya untuk terlibat menyelesaikan lagu tersebut. Pada 22 Maret 2020, Jon menuntaskan proyek itu dengan mengenalkan lagu berjudul “Do What You Can”.

Jon Bon Jovi merilis lagu “Do What You Can” di masa karantina karena Covid-19. (Foto: istimewa).
Jon Bon Jovi merilis lagu “Do What You Can” di masa karantina karena Covid-19. (Foto: istimewa).

Jon bersama Bon Jovi pernah dua kali menggelar konser di Indonesia. Pertama, pada 1995 di Ancol dan kedua di Senayan pada 2015. Kedua konsernya itu bikin ribuan penggemar histeris berkat lagu-lagu hits semacam “Always”, “It’s My Life” atau “Bed of Roses” ini. Maklum Bon Jovi memang punya jutaan fans di Indonesia.

4. Mister Cumbia.
Penyanyi dan produser musik Ivan Montemayor yang tenar dengan sebutan Mister Cumbia menulis lagu berjudul “La Cumbia del Coronavirus”. Lagu ini mengajak orang untuk berhati-hati terhadap Covid-19. Caranya antara lain rajin mencuci tangan dan tidak menyentuh wajah mereka sebelum tangan bersih.

Lagu ini sangat menarik sehingga sekelompok perawat di negara itu menciptakan tarian untuk mengikuti lagu tersebut. Lagu dan tarian ini pun seketika viral.

5. Wang Leehom dan Jackie Chan.
Di China, negara tempat virus itu berasal, penyanyi dan bintang film berkolaborasi menyanyikan lagu penyemangat untuk terus tegar melawan corona. Mereka yang terlibat antara lain penyanyi dan penulis lagu Wang Leehom, Xiao Zhan, dan aktor laga Jackie Chan.

Mereka menyanyikan lagu balada "Believe Love Will Triumph." Lagu ini menyerukan persatuan dan kekuatan nasional serta dukungan untuk para tenaga medis yang berjuang menyembuhkan para pasien.

Berita Lain Bisa Dibaca di Okezone.com: Mick Jagger Beberkan The Rolling Stones Lebih Baik dari Band The Beatles

Editor : Zen Teguh