Begini Kronologi Naif Bubar, David: 25 Tahun Gue Merasa Cukup

Siska Permata Sari · Selasa, 11 Mei 2021 - 10:58:00 WIB
Begini Kronologi Naif Bubar, David: 25 Tahun Gue Merasa Cukup
David Naif menjelaskan kronologi bandnya bubar. (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id - Naif, band yang selama 26 tahun bersama akhirnya bubar. David Bayu sang vokalis menceritakan kronologi tentang kemungkinan band bubar sudah terasa sejak tahun 2020.  

Pada ulang tahun Naif ke 25 tahun, sebelum  dua personelnya mengumumkan keluar, sudah ada wacana bahwa band tersebut selesai berkarya. 

Wacana bubar tersebut keluar sebelum ulang tahun Naif pada Oktober 2020 silam. Sebenarnya David menginginkan Naif mengumumkan bubar di momen ulang tahun ke-25. 

“Sebenarnya waktu ulang tahun ke-25 Naif, Oktober 2020, sempat gue bilang sama anak-anak, udah 25 tahun kita announce aja kalau kita udahan,” kata sang vokalis seperti dikutip dari kanal YouTube-nya, Selasa (11/5/2021). 

Namun, pengumuman itu ditunda lantaran sang bassis, Emil, tidak ingin ada sorotan publik ketika memutuskan bubar di ulang tahun ke-25.  

“Sempat gue kasih wacana itu, namun ada satu hal yang Emil kalau nggak salah ngomong, jangan nanti jadi sorotan publik malahan, nanti aja,” ujarnya. 

Saat Naif bubar, David sendiri mengaku sudah cukup 25 tahun berkarya dalam grup tersebut sejak 22 Oktober 1995.  

“Sebenarnya 25 tahun gue pribadi merasa, oh yaudah kalau udah cukup, waktunya selesai di Naif,” kata David. “Kita itu wajib mengetahui batas cukup, dan yang gue rasa, saat 25 tahun sebenarnya pas banget buat Naif,” ungkapnya. 

Meski Naif sudah bubar, David mengatakan, hal yang penting adaah dia dan personel lainnya yakni Emil (bass), Pepeng (drum), dan Jarwo (gitar), tidak bubar sebagai keluarga. “Kalau dibilang Naif-nya bubar, ya enggak apa-apa. Tapi value tertinggi adalah gue, Emil, Jarwo dan Pepeng itu yang nilainya lebih tinggi daripada cuma Naif-nya. Family brotherhood-nya itu,” ujarnya.

Editor : Elvira Anna