6 Cara Bermain Gitar untuk Pemula, Rutin Lakukan Senam Jari Setiap Hari

Ravie Wardani · Senin, 18 Oktober 2021 - 10:49:00 WIB
6 Cara Bermain Gitar untuk Pemula, Rutin Lakukan Senam Jari Setiap Hari
Cara bermain gitar untuk pemula. (foto: Instagram Ariel NOAH)

JAKARTA, iNews.id - Bagi Anda yang ingin mengasah minat bermusik, tentu kerap timbul pertanyaan terkait cara bermain gitar untuk pemula. Gitar juga punya daya tarik tersendiri sebagai salah satu alat musik. Tak heran, cara bermain gitar untuk pemula acap kali membuat kita penasaran.

Gitar bukan sekedar potongan kayu dengan senar. Bagi sebagian gitaris handal, alat musik petik ini layaknya teman. Pantas saja, skill yang dikuasai seorang pemain gitar kerap membuat para penontonnya terpukau. Cara bermain gitar untuk pemula juga menjadi modal penting untuk mencapai tahapan tersebut.

Selain inspirasi, pengetahuan mendasar serta teknik bermusik pun tak kalah penting untuk menunjang kemampuan bermain gitar. Umumnya, gitar terbagi menjadi tiga jenis yakni klasik, akustik, dan elektrik. Tiap jenis memiliki cara bermain gitar untuk pemula yang berbeda.

Meski demikian, perbedaan tersebut tak begitu mencolok. Pasalnya, cara bermain gitar untuk pemula pada ketiga jenis gitar tersebut merujuk pada notasi yang sama. Hanya saja, alunan dan tingkat atraktif membuat ketiganya memiliki ciri khas masing-masing saat dimainkan.

Simak 6 cara bermain gitar untuk pemula dengan tahapan yang sudah dirangkum, Senin (18/10/2021): 

1. Pelajari Nada Dasar

Sebelum mulai memetik dawai gitar Anda, cara bermain gitar untuk pemula yang perlu diketahui yaitu pelajari nada dasar. Secara kajian musik pada umumnya, ada tujuh tangga nada yang perlu diketahui. Tangga nada ini mungkin tak asing lagi ditelinga kalian yaitu Do, Re, Mi Fa, Sol, La Si. 

Namun biasanya tangga nada ini balik ke posisi awal Do dengan suara tinggi yang kerap disebut oktaf. Nantinya, tangga nada ini lah yang menjadi jurus jitu bermain gitar. Bagaimana tidak, setiap lagu yang pernah tercipta dikancah permusikan, tak lepas dari tangga nada tersebut. Jadi, cara bermain gitar untuk pemula amatlah penting mengenal tangga nada ajaib itu.

Berikut nada dasar yang dihasilkan senar bila keadaan notasi gitar pada posisi yang tepat (tune) :

- Senar 1 hasilkan nada Mi’

- Senar 2 hasilkan nada Si

- Senar 3 hasilkan nada Sol

- Senar 4 hasilkan nada Re

- Senar 5 hasilkan nada La

- Senar 6 hasilkan nada Mi

2. Cari Posisi Gitar yang Pas dan Duduk Nyaman

Usai mengenal nada dasar, cara bermain gitar untuk pemula selanjutnya dengan mencari posisi ternyaman saat belajar. Hal ini bisa Anda lakukan dengan memangku gitar pada posisi duduk sehingga nyaman memegangnya. Lalu dekatkan badan gitar ke dada dan perut. Pasalnya, jika merasa tidak nyaman dengan posisi duduk, maka bisa membuat kalian tidak fokus saat belajar cara bemain gitar untuk pemula. Berikut langkah menentukan posisi gitar yang pas dan duduk nyaman :

- Duduklah di kursi dengan nyaman

- Tegakkan punggung dan bahumu

- Dekatkan badan gitar ke perut dan dada

- Lalu pegang bagian leher gitar dengan tangan kiri membentuk huruf V-ibu jari di bagian belakang dan empat jari sisanya di depan

- Tahan badan gitar dengan bantuan kaki kananmu. Kemudian, coba tekan-tekan senar secara asal, mulai dari pelan hingga cepat untuk melatih keseimbangan.

Cobalah terus posisi memegang gitar ini setiap 5 menit sekali untuk membiasakan dan menyeimbangkan diri. Pada awal-awal, punggung dan bahu Anda mungkin akan terasa sakit. Tapi lama kelamaan kalian akan terbiasa.

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: