Intip 6 Cara Melatih Vokal dan Pernapasan, Bisa Membuat Suara Lebih Merdu

Ravie Wardani ยท Kamis, 21 Oktober 2021 - 09:16:00 WIB
Intip 6 Cara Melatih Vokal dan Pernapasan, Bisa Membuat Suara Lebih Merdu
Cara melatih vokal dan pernapasan. (foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Penyanyi profesional tentu rutin menjalani sederet pola latihan ketat. Tak heran, suara emasnya acapkali membuat pendengar terkesima. Tak banyak yang tahu, ternyata cara melatih vokal dan pernapasan yang biasa dilakukan penyanyi profesional tak sesulit yang kita bayangkan lho.

Nyatanya, kalian bisa melakukan cara melatih vokal dan pernapasan dimanapun berada. Biasanya, banyak yang menganggap cara melatih vokal dan pernapasan hanya bisa dilakukan di tempat kursus vokal. Bahkan banyak di antara kita yang memanggil guru les untuk mempelajari cara melatih vokal dan pernapasan.

Tentu hal tersebut sah-sah saja. Namun, bagi Anda yang memiliki segudang kesibukkan, tak ada salahnya mempraktekkan cara melatih vokal dan pernapasan sendiri saat berada di rumah. Bahkan kalian bisa melakukan cara melatih vokal dan pernapasan saat berada di rumah dengan melakukan enam tahap ini. 

Lantas apa saja enam cara melatih vokal dan pernapasan, berikut rangkumannya dari berbagai sumber, Kamis (21/10/2021):

1.  Latihan bernapas dengan Irama

Cara melatih vokal dan pernapasan yang pertama yaitu dengan bernapas dengan irama. Cara ini cukup mudah untuk dilakukan bagi kalian yang ingin memiliki suara merdu. Anda hanya perlu berlatih dengan bernapas pendek. Kalian juga bisa berlatih dengan cara bernapas cepat selama kurang lebih 30 detik. Jika sudah terbiasa, cobalah untuk melatih pernapasan sedikit panjang dengan irama yang lebih lambat. 

Lakukan bagian ini seperti sebelumnya dengan durasi kurang lebih 30 detik. Pada tahap ini usahakan diri kalian fokus merasakan udara yang masuk ke paru-paru. Cara melatih vokal dan pernapasan pada tahap ini juga berguna untuk meningkatkan kemampuan mengatur napas saat bernyanyi.

2. Latihan buang napas

Cara melatih vokal dan pernapasan selanjutnya juga tak kalah mudah. Anda bisa melakukan tahap ini dengan menghembuskan napas panjang yang terkendali. Yang terpenting, kalian juga harus membiasakan tarik napas dalam-dalam sebelum bernyanyi maupun berbicara. Hal tersebut untuk mencegah Anda kehabisan napas. Cara melatih vokal dan pernapasan di tahap ini juga membutuhkan imajinasi. 

Angkat tangan kalian ke atas dengan mengacungkan jari telunjuk. Lalu bayangkan jari telunjuk kalian layaknya api lilin yang hendak dimatikan. Selanjutnya Anda hanya perlu membuang napas sebanyak 5 kali. Manfaat cara ini juga penting untuk membuat napas kalian lebih bertenaga. Sehingga suara yang dihasilkan juga tak membosankan dan bisa terdengar musikal saat bernyanyi.

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: