Lagu-Lagu Nasional Berkumandang di Konser Akbar Monas 2019

Siska Permata Sari ยท Minggu, 08 September 2019 - 20:16 WIB
Lagu-Lagu Nasional Berkumandang di Konser Akbar Monas 2019

Konser Akbar Monas 2019 digelar meriah. (Foto: iNews.id/Siska Permata Sari)

JAKARTA, iNews.id - Jakarta Simfonia Orchestra (JSO) dan Jakarta Oratorio Society (JOS) untuk kali pertamanya mempersembahkan Konser Akbar Monas 2019. Acara spesial ini digelar di ikon Kota Jakarta, Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Minggu (8/9/2019) malam.

Sebelum musik-musik klasik karya komposer dunia dimainkan, lagu-lagu nasional lebih dulu berkumandang di Monas, sebagai pembuka konser musik klasik terbuka pertama di Indonesia. Lagu 'Bangun Pemuda-pemudi' hingga 'Indonesia Raya' lebih dulu dimainkan secara instrumen, diikuti oleh suara ribuan penonton yang menghadiri Konser Akbar Monas 2019, termasuk juga para pejabat yang hadir.

(Foto: Koran Sindo)

Mereka antara lain Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri dan sejumlah pejabat lainnya yang mengisi tamu VIP.

"Selamat datang di konser Akbar Monas 2019 di Jakarta. Tidak peduli Anda agama apa, ras apa, di dalam masyarakat lapisan apa, di hadapan Tuhan, semua manusia sama rata adanya," kata Pendiri JOS Stephen Tong di hadapan ribuan penonton Konser Akbar Monas 2019 Jakarta, Minggu (8/9/2019).


Dia mengatakan, musik klasik adalah musik yang tak lekang oleh waktu, abadi, tidak termakan zaman dan tidak akan pernah mati. Dia berharap, konser klasik pertama ini akan menjadi pembuka bagi konser-konser serupa lainnya di tahun-tahun berikutnya.

"Konser ini akan berada di Jakarta, tahun-tahun yang akan datang nggak berhenti. Mulai tahun ini, Jakarta harus menjadi kota musik," tutur Stephen Tong.

Hal serupa juga dikatakan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam sambutannya. Dia ingin menjadikan Kota Jakarta sebagai rumah bagi para seniman dan simpul kebudayaan.

"Malam hari ini, berdasarkan informasi dari UPT di Monas, telah berkumpul 13.109 pengunjung. Insya Allah, ini adalah rekor konser musik klasik di Indonesia," kata Anies Baswedan dalam kesempatan yang sama.

(Foto: Koran Sindo)

Sebagai kota global, kata Anies, Jakarta harus bisa bukan hanya setara, tapi dapat menjadi ekosistem di mana seniman berkembang dan menjadi tuan rumah di negerinya sendiri.

“Serta menjadi tamu mempesona di negeri orang. Kita ingin kegiatan seni tumbuh berkembang di Jakarta," ucap Anies.


Editor : Tuty Ocktaviany