Mahalini Keluar dari Indonesian Idol, Ini Kontestan yang Lolos Spektakuler Show Top 4

Annisa Fahmi ยท Selasa, 04 Februari 2020 - 01:05 WIB
Mahalini Keluar dari Indonesian Idol, Ini Kontestan yang Lolos Spektakuler Show Top 4

Mahalini harus meninggalkan panggung Indonesian Idol X. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id – Ajang Indonesian Idol X akhirnya memutuskan Mahalini Raharja yang harus meninggalkan panggung Spektakuler Show. Pasalnya, kontestan asal Bali itu mendapatkan vote terendah dibanding kontestan lainnya.

Di babak Top 5 Indonesian Idol X, Mahalini bersaing ketat dengan empat kontestan lainnya, yaitu Ziva Magnolya, Lyodra Ginting, dan Tiara Anugrah, dan Muhammad Raja Gianucca Putra atau Nuca yang menjadi satu-satunya kontestan pria di Top 5. Selain tampil solo, mereka juga ditantang berduet dengan juri.

Mulai dari duet Mahalini dengan Ari Lasso, Tiara Anugrah dengan Anang Hermansyah, Nuca dengan Bunga Citra Lestari, Ziva Magnolya dengan Maia Estianty, dan Lyodra Ginting dengan Judika. Penampilan masing-masing kontestan pun tidak lepas dari pujian dan kritik dari juri.

Nuca satu-satunya kontestan pria yang tersisa pada Indonesian Idol X, mendapat kritikan dari Ari Lasso dan Maia Estianty ketika bawakan lagu ‘Pernah Muda’ yang dipopulerkan oleh BCL.

“Kamu harus mengejar banyak pada teman-teman kamu yang lain. Agak banyak nada yang tidak pas. Mungkin kamu capek atau gimana, aku nggak tahu. Terpenting ketika bernyanyi itu, mood-nya harus dijaga,” kata Maia Estianty di Studio RCTI+, Kebon Jeruk, Jakarta, Senin (3/2/2020).

Sementara itu, penampilan yang paling mencuri perhatian adalah Lyodra Ginting. Di babak duet, Lyodra berkolaborasi dengan Judika membawakan lagu duet yang dipopulerkan oleh diva dunia, Celine Dion dengan Andrea Bocelli berjudul The Prayer. Duet dari Lyodra dan Judika ini mendapatkan lima standing ovation dari para judges serta tuai banyak pujian.

“Kita tahu kalau Judika itu penyanyi terbaik Indonesia, tentu tidak mudah untuk duet sama dia. Tapi kamu nggak kalah sama Judika di atas panggung tadi. Kamu kelihatan bintang sekali, mulai dari baju kamu, rambut kamu, menyanyinya kamu, gaya kamu saat kamu nyanyi itu perfect banget,” ucap Bunga Citra Lestari di Studio RCTI+, Kebon Jeruk, Jakarta, Senin (3/2/2020).

Tak hanya pujian dari BCL, Lyodra dan Judika juga banjir pujian dari juri tamu, Rossa. Dia mengatakan bahwa Lyodra berhasil membuatnya tidak konsentrasi untuk melihat Judika. Menurutnya, selama ini jika Judika tampil, dia lah yang menjadi gongnya. Tapi malam ini, Rossa teralihkan oleh suara Lyodra yang luar biasa.

Dengan membawa lagu The Prayer yang mencampurkan lirik berbahasa Inggris dan Spanyol, Judika dan Lyodra berhasil membawakannya dengan sangat apik. Menurut Ari Lasso, duet Lyodra dan Judika merupakan kelas dunia.

“Dari tadi yang duet, mereka butuh kontak fisik untuk membangun chemistry. Tapi, Lyodra dan Judika mereka sama sekali nggak bersentuhan, tapi suara mereka menyatu. Ini kelas dunia banget menurut saya,” tutur Ari Lasso.

Tidak berhenti di situ, penampilan Lyodra di segmen solo juga berhasil mencuri perhatian. Dia membawakan tembang milik Judika yang berjudul Jikalau Kau Cinta.

Dengan membawakan lagu milik Judika dengan sangat baik, Bunga Citra Lestari mengatakan bahwa penampilan Lyodra malam ini merupakan yang terbaik.

“Aku sebenernya nggak punya kata-kata yang tepat untuk mengekspresikan betapa bangganya aku lihat kamu tumbuh di Indonesian Idol. Sempat disinggung bahwa kamu nyanyi cuma pakai teknik tanpa pakai rasa. Tapi tadi, kamu penuh dengan rasa. Kamu nggak kalah canggih dari Judika bawain lagu ini. You’re a star,” tutur BCL.

“Setiap dapat kritikan, kamu dengerin dan kamu terapkan di minggu selanjutnya. Kamu dengerin komentarnya. Dari semua penampilan kamu, malam ini merupakan penampilan terbaik dari Lyodra,” kata BCL menambahkan.

Setuju dengan pendapat BCL, Anang mengaku bangga melihat perkembangan Lyodra yang terbukti dari minggu ke minggu. Anang juga mengatakan bahwa Lyodra bisa membawakan lagu pop dengan sangat baik dan tidak menjenuhkan.

Tak hanya itu, Lyodra juga mendapat pujian dari sang penyanyi dari lagu yang dia bawakan, Judika. Menurutnya, Lyodra bisa membawakannya dengan rasa yang lain.

“Lagu ini merupakan lagu ciptaan fans. Ceritanya, lagu ini dibuat agar jika kamu benar-benar sayang sama seseorang, kamu nggak bisa ungkapkan dengan kata-kata saja dan jangan ditunda-tunda sampai orangnya nggak ada. Waktu bawain lagu ini, aku ngebayangin orangtua aku. Tapi malam ini, kamu bisa bawainnya dengan rasa sayang yang lain,” kata Judika.

Sementara itu di babak penentuan, nama Mahalini akhirnya yang harus meninggalkan panggung Indonesian Idol. Dia yang berada di posisi terbawah bersama Ziva, harus mengubur impiannya menjadi The Next Indonesian Idol.

Mahalini berusaha tegar dan tetap tersenyum dengan keputusan yang dibacakan oleh host Daniel Mananta. Sementara itu, Ziva yang masih selamat di posisi aman tidak kuasa menahan tangis karena berpisah dengan Mahalini.

Tentu saja keseruan Indonesian Idol belum berakhir. Tonton penampilan selanjutnya dari Nuca, Tiara, Lyodra dan Ziva di babak Top 4 Indonesian Idol X. Dan, jangan lupa ikuti terus beritanya di iNews.id.

Editor : Tuty Ocktaviany