Mainkan Gitar 6 Kepala Berbobot 25 Kg, Puguh Kribo Hampir Cedera Leher

Siska Permata Sari ยท Kamis, 08 Maret 2018 - 15:07:00 WIB
Mainkan Gitar 6 Kepala Berbobot 25 Kg, Puguh Kribo Hampir Cedera Leher
Puguh Kribo unjuk piagam penghargaan dari MURI. (Foto: iNews.id/Siska Permata Sari)

JAKARTA, iNews.id - Puguh Kribo mungkin menjadi musisi satu-satunya di Indonesia, bahkan dunia yang berhasil  memainkan gitar enam kepala berbobot 25 kilogram. Berkat skill-nya tersebut, dirinya hingga kini telah meraih dua penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Tahun 2010, Puguh Kribo meraih MURI berkat twin guitar atau memainkan dua gitar dengan dua tangan secara bersamaan. Lalu di 2017, ia mendapatkan penghargaan MURI keduanya sebagai pemain gitar berkepala enam pertama.

Ya, itulah gitar yang beratnya mencapai 25 kilogram. Di mana gitar tersebut pernah membuatnya hampir mengalami cidera di bagian leher hingga merasa sesak napas.

"Pertama memang berat, karena pertama cuma strap satu. Tumpuannya tunggal di leher, bahaya kata teman bisa mati," ungkap Puguh kepada iNews.id usai acara Intermezzo, iNews TV, Gedung iNews Center, Kebon Sirih, Jakarta, Kamis (8/3/2018).

Ia mengatakan, pertamanya saat menggunakan strap satu, ia sampai mengalami sakit leher selama seminggu.

"Seminggu saya sempat tidur terus karena batang leher sakit. Kaya susah napas karena batang leher saya tertekan sama beban (gitar) 25 kg," ucap Puguh.


Kini, gitar kepala enam berbobot 25 kilogram tersebut, sudah dimodifikasi dengan menggunakan strap tambahan di bahu kiri dan kanan supaya bobotnya dipikul sama. "Jadi lebih ringan, beban merata," ucapnya.

Puguh Kribo sendiri merupakan musisi sekaligus perain rekor MURI karena mengadaptasi permainan Michael Angelo Batio, gitaris asal Amerika yang bisa bermain dua gitar dengan dua tangan secara bersamaan. Tahun 2017, rekornya bertambah jadi dua saat ia berhasil bermain gitar kepala enam.

Editor : Tuty Ocktaviany

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda