Masih Punya Peminat, Radio Analog Tak Akan Mati di Era Digital
Menurut ketua PRSSNI, pendengar radio di tahun ini justru bertambah atau meningkat dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya.
“Sekarang radio nomor satu, rata-rata pendengarnya 3 juta-an. Artinya, jika kita lihat trend itu ada kenaikan dari sisi pendengar radio. Cuman memang habitnya yang saat ini berbeda” ujar Vicky.
Menurutnya, para pemain di industri radio juga harus mampu melihat kesempatan yang ada dengan mengkombinasikan media sosial sebagai alat memperkenalkan saluran penyiaran yang dimiliki tersebut ke para pendengar.
“Kalau kita bisa menggabungkan itu, dan bisa share ke teman-teman advertising ‘oh banyak hal yang bisa dikerjakan selain daripada yang di on air kan di jalur FM.’ Ada sosial medianya yang bisa dijual, ada event nya, dan juga beberapa kegiatan seperti membuat webinar,” kata Vicky Irawan.
Meski begitu, keberadaan radio kini terbilang masih cukup aman. COO MNC Radio Networks ini mengungkapkan ada satu hal yang tak dapat digantikan oleh media digital saat ini, yaitu unsur surprising yang dimiliki siaran dari radio dan in touch dengan para pendengarnya.
Editor: Siska Permata Sari