Rilis Album Lexicon, Isyana Sarasvati: Ini Album Paling Personal Buat Aku

Siska Permata Sari ยท Jumat, 29 November 2019 - 20:27 WIB
Rilis Album Lexicon, Isyana Sarasvati: Ini Album Paling Personal Buat Aku

Isyana Sarasvati rilis album Lexicon. (Foto: iNews.id/Siska Permata Sari)

JAKARTA, iNews.id - Setelah sukses dengan dua album musiknya Explore! dan Paradox, penyanyi Isyana Sarasvati kembali merilis album baru. Ini adalah album ketiganya yang bertajuk Lexicon. Menurut Isyana, Lexicon menjadi album yang paling personal buatnya. Hal itu dia ungkapkan saat momen rilis album Lexicon di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (29/11/2019).

Perempuan kelahiran Bandung ini mengatakan, album ketiganya ini berbeda dengan dua album sebelumnya.

"Ini album yang paling personal buat aku. Enggak nyangka kalau akhirnya hari ini datang juga, suatu hari di mana aku bisa berkarya secara spontan, jujur, dan apa adanya," kata Isyana saat ditemui di Cikini, Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Terkait dengan nama albumnya, Isyana menjelaskan, Lexicon memiliki arti sebuah kamus yang mana akan ditemukan sekumpulan repertoar yang diciptakan untuk mewakili setiap episode perjalanan hidupnya.

Isyana mengibaratkan, Lexicon adalah kamus untuk mengenal lebih jauh sosok Isyana yang tidak pernah terlihat di depan kamera. Seperti sebuah buku panduan untuk mengenal lebih jauh sosok Isyana Sarasvati.

"Jujur buat aku, album ini sangat therapeutic karena aku anaknya tertutup dan introvert. Jadi saat aku menyanyikan lagu-lagu dalam album ini, itu seperti detoks, mengeluarkan rasa yang selama ini aku pendam," tutur pelantun Tetap Dalam Jiwa tersebut.

Isyana menceritakan, pengerjaan album ini sangat melibatkan dirinya dan pihak label, Sony Music, telah memberikan kebebasan untuk Isyana terkait konsep dari album ini.

Berbeda dengan album sebelumnya, di Lexicon ini, Isyana memasukkan unsur classic dan sentuhan rock. Isyana juga melibatkan musisi/composer/arranger Indonesia seperti Gerald Situmorang, Tohpati, Kenan Loui, dan The Tuttis.

Ada delapan track dalam album Lexicon ini, di antaranya Sikap Duniawi yang rilis hari ini, Untuk Hati yang Terluka, Pendekar Cahaya, LEXICON, Ragu Semesta, Lagu Malam Hari, Biarkan Aku Tertidur, dan Terima Kasih.

"Harapannya semoga teman-teman yang mendengar bisa lebih mengenal aku. Teman-teman yang mungkin dalam fase hidup yang sedang tidak diminati bisa related, karena banyak sekali makna tersirat di lagu-lagu ini, semoga dapat termotivasi dan bangkit dari keterpurukannya. Jadi, ini bisa menjadi semacam terapi lah buat pendengar," kata Isyana.


Editor : Tuty Ocktaviany