Zaman Digital Mudahkan Musisi dan Penyanyi Promosikan Karya, Ini Penjelasannya

Novie Fauziah · Senin, 28 November 2022 - 19:38:00 WIB
Zaman Digital Mudahkan Musisi dan Penyanyi Promosikan Karya, Ini Penjelasannya
Podcast Aksi Nyata hari ini, Senin (28/11/2022).

JAKARTA, iNews.id - Podcast Aksi Nyata kembali membahas isu-isu menarik. Kali ini berbicara soal musik dan dunia digital yang semakin berkembang.

Seperti kita tahu, perkembangan musik di masa sekarang, semakin pesat. Apalagi, ditambah dengan kemajuan teknologi yang semakin memudahkan para musisi dan penyanyi untuk  memperkenalkan karyanya ke publik.

Music Enthusiast sekaligus PA Music Business Professional Shandra Rose mengatakan, di zaman serba canggih ini sangat memudahkan seseorang untuk berkecimpung di dunia musik. Hal ini memungkinkan nama sang artis melejit dan melebarkan sayapnya di industri hiburan.

"Di zaman sekarang, orang bisa bikin karya sendiri, promosikan diri sendiri, dan mendistribusikan karya itu sendiri," katanya dalam Podcast Aksi Nyata Bersama Partai Perindo bertajuk 'Meniti Karir di Dunia Tarik Suara, Musisi Harus Tahu Bedanya Kerjasama dengan Label Rekaman / Indie', pada Senin (28/11/2022).

Shandra mengungkapkan, terdapat berbagai perbedaan antara zaman dulu dan sekarang. Jika sebelumnya, seseorang ingin menjadi penyanyi terkenal, maka dia harus bergabung ke salah satu label terlebih dahulu.

Selanjutnya, calon penyanyi atau musisi itu harus memasukan demo secara manual atau konvensional. Hal ini agar karya mereka didengarkan dan dilirik oleh produser, sehingga mereka bisa  berkarier di dunia musik.

"Begitu diterima, tanda tangan kontrak, bikin single, jadi artis, (baru) bisa masuk tv atau radio," ujar dia.

Namun berbeda dengan sekarang. Di zaman yang sudah berubah ini, banyak penyanyi yang mengcover lagu-lagu dulu. "Tapi kalau sekarang, zaman sudah berubah. Misalnya, banyak yang cover lagu bahkan lebih viral dan laku daripada versi (pembuat) aslinya," kata Shandra.

Editor : Siska Permata Sari

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda