Hikmah

9 Surat yang Dibaca saat Hamil dalam Al Quran, Lengkap dengan Keutamaannya

Kastolani · Senin, 05 Desember 2022 - 18:05:00 WIB
9 Surat yang Dibaca saat Hamil dalam Al Quran, Lengkap dengan Keutamaannya
Ibu hamil dianjurkan untuk rutin membaca Al Quran terutama surat-surat yang memiliki keistimewaan. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Ada beberapa surat yang dibaca saat hamil dalam Al Quran agar hati menjadi lebih tenang dan janin yang dikandung kelak menjadi generasi qur'ani. 

Bagi ibu hamil, selain wajib menjaga kondisi tubuhnya agar tetap sehat, juga dianjurkan melakukan amalan sesuai ajaran Islam. Di antaranya membaca Al Quran, bersedekah, membaca dzikir dan berdoa.

Riyadhoh atau laku spiritual itu sangat penting dilakukan oleh ibu hamil agar janin yang dikandungannya sehat secara fisik dan kelak menjadi anak saleh.

KH Muhammad Sholikhin dalam bukunya Ritual & Tradisi islam Jawa menuturkan, sebagai bentuk tawakal dan kepasrahan, sebaiknya bagi ibu hamil terutama ketika menjelang kelahiran diisi dengan memperbanyak bacaan Alquran, istighfar dan bersholawat untuk Nabi Muhammad SAW.

Maksud dari membaca Alquran untuk bertabarruk atau mengambil berkah dari para nabi sebagaimana kisah mereka yang dituturkan dalam Alquran dan berharap anugerah, keajaiban serta rahmat dari Allah SWT.

Membacakan ayat-ayat suci Alquran sangat penting dilakukan pada jabang bayi yang masih ada dalam kandungan. Allah SWT mengaruniakan pendengaran sejak usia kandungan masuk pada minggu ke 8 dan mulai sempurna pada minggu ke 24. Alangkah indahnya jika saat mereka mulai mendengar yang pertama kali, mereka mendengar ayat-ayat suci Alquran.

Salah satu fungsi Alquran yakni, Asy-Syifa yang berarti penyembuh. Al Quran memang diturunkan oleh Allah kepada Rasulullah SAW untuk mengobati penyakit hati manusia.

Untuk itu, saat manusia merasa mempunyai penyakit yang berkaitan dengan hati, misalnya saja iri, kecewa, sedih, dan sebagainya dianjurkan untuk membaca atau mendengarkan murattal Alquran.

Membaca ayat suci Alquran, Insya Allah dapat meringankan bahkan menghilangkan penyakit-penyakit tersebut. Tak terkecuali bagi ibu hamil. Sebab, ibu hamil terlebih yang sudah memasuki hamil tua pasti akan mengalami kecemasan. 

Dalam Surat Al Isra ayat 82, Allah SWT berfirman:

وَنُنزلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ وَلا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلا خَسَارًا

Artinya: Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian. (QS. Al-Isra : 82).

Dari penjelasan di atas jelas bahwa membaca Al Quran saat hamil sangat besar keutamaannya. Berikut surat yang dianjurkan untuk dibaca dan diamalkan saat hamil beserta keutamaannya.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda