Hikmah

Lafaz Adzan Subuh dan Jawabannya Lengkap Latin Serta Arti

Kastolani · Senin, 22 Februari 2021 - 20:13:00 WIB
Lafaz Adzan Subuh dan Jawabannya Lengkap Latin Serta Arti
Azan oleh 7 orang di Masjid Agung Sang Cipta Rassa peninggalan walisongo di Cirebon, Jawa Barat (Foto: iNews/Miftahudin)

JAKARTA, iNews.id - Lafaz Adzan subuh sedikit berbeda dengan adzan sholat lainnya. Hal ini terjadi karena ada tastwib atau pengulangan pengumuman. Tatswib dalam adzan subuh yakni الصلاة خير من النوم. (Ashholaatu khoirun minannauuum 2x).

Tatswib pada adzan subuh itu selain berfungsi sebagai pengulangan pengumuman masuknya waktu sholat, juga sebagai pembeda dengan adzan pertama. 

Dalil tatswib dalam adzan subuh dikutip dari laman nahdlaltululama.id, yakni:

(قَوْلُهُ وَيُسَنُّ تَثْوِيْبٌ) أَيْ لِمَا صَحَّ أَنَّ بِلاَلاً أَذَّنَ لِلصُّبْحِ فَقِيْلَ لَهُ أَنَّ النَّبِيّ r نَائِمٌ فَقَالَ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ الصَّلاَةُ خَيْرٌ مِنَ النَّوْمِ فَقَالَ r اِجْعَلْهُ فِيْ تَأْذِيْنِكَ لِلصُّبْحِ

Disunahkan tatswib tersebut karena hadits sahih tentang kisah Bilal yang pernah mengumandangkan adzan subuh, dan dikabarkan kepadanya bahwa Nabi Saw. sedang tidur. Lalu Bilal mengucapkan lafal السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ الصَّلاَةُ خَيْرٌ مِنَ النَّوْمِ, dan Nabi Saw. pun bersabda: “Jadikanlah tatswib itu pada adzan subuhmu.”

Dalam riwayat lain disebutkan hal yang sama yakni:

يْبُ فِي الصُّبْحِ وَهُوَ أَنْ يَقُوْلَ بَعْدَ الْحَيَّعَلَتَيْنِ الصَّلاَةُ خَيْرٌ مِنَ النَّوْمِ مَرَّتَيْنِ لِوُرُوْدِهِ فِيْ حَدِيْثِ أَبِي دَاوُدَ وَغَيْرِهِ بِإِسْنَادٍ جَيِّدٍ كَمَا قَالَهُ فِيْ شَرْحِ الْمُهَذَّبِ قَالَ وَسَوَاءٌ مَا قَبْلَ الْفَجْرِ وَمَا بَعْدَهُ

Dan disunnahkan mengucapkan iqamah secara cepat, adzan secara pelan, tarji’ (membaca dua kalimah syahadat dengan suara kecil sebelum mengucapkannya secara kerasa) dalam adzan … dan tatswib dalam adzan subuh, yaitu setelah bacaanحَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ  dan حَيَّ عَلَى الفَلَاحِ muadzin mengucapkan الصَّلاَةُ خَيْرٌ مِنَ النَّوْمِ sebanyak dua kali. Karena adanya redaksi tatswib itu dalam hadits riwayat Abu Dawud dan selainnya dengan sanad yang baik, seperti dinyatakan oleh al-Nawawi dalam Syarh al-Muhadzab. Beliau berkata: “Baik adzan sebelum fajar maupun setelahnya.”

Berikut lafadz adzan subuh lengkap:

(٢x) اَللهُ أَكْبَرُ،اَللهُ أَكْبَرُ  

Allaahu Akbar, Allaahu Akbar (2x)  

Artinya: Allah Maha Besar, Allah Maha Besar.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3