Hikmah

5 Amalan di Malam Nuzulul Quran agar Mendapat Keberkahan dan Ampunan

Kastolani · Selasa, 12 April 2022 - 18:23:00 WIB
5 Amalan di Malam Nuzulul Quran agar Mendapat Keberkahan dan Ampunan
Infografis 5 amalan di malam Nuzulul Qur'an. (Grafis: Maspuq)

JAKARTA, iNews.id - Keistimewaan Bulan Ramadhan salah satunya peristiwa nuzulul quran atau turunnya Alquran. Ada beberapa amalan di Malam Nuzulul Quran yang bisa dilakukan Muslim agar mendapat keberkahan.

Nuzulul Qur'an secara harfiah berarti turunnya Al Qur'an. Istilah ini merujuk kepada peristiwa penting penurunan “Al Qur’an secara keseluruhan diturunkan dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah di langit dunia.

Allah SWT berfirman:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ.

Bulan Ramadhan, bulan yang di padanya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).” (QS. Al Baqarah: 185)

Ibnu Katsir dalam tafsirnya menyebutkan bahwa Allah SWT memuji bulan Ramadan di antara bulan-bulan lainnya, karena Dia telah memilihnya di antara semua bulan sebagai bulan yang padanya diturunkan Al-Qur'an yang agung. 

Peristiwa Nuzulul Quran diperingati tiap tanggal 17 Ramadhan. Tahun ini, 17 Ramadan 1443 Hijriah bertepatan dengan tanggal 19 April 2022.

Amalan di Malam Nuzulul Quran

Ustaz Ahmad Sarwat MA dalam bukunya Jaminan Mendapat Lailatul Qadar menjelaskan, sudah menjadi ijma’ di tengah ulama bahwa malam Qadar adalah malam diturunkannya Al-Quran Al-Karim. Dalil tentang hal itu adalah firman Allah SWT di dalam surat Al-Qadar :

إِنَّا أَنْزَلْناهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ

Latin: Innaa anzalnaahu fii lailatil qadri

Artinya: Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam penuh kemuliaan. (Al-Qadar: 1)

Dalam Surat Al Qadar ayat 1, Allah Swt menegaskan bahwa Al-Qur’an diturunkan pada malam Lailatul Qadar, yaitu malam paling spesial dan paling mulia di bulan suci Ramadhan, malam yang sangat diharapkan seluruh umat Muhammad Saw, dan lebih baik dari pada seribu bulan.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda