Amalan Lunas Utang 1 Hari, Melakukan Ibadah Ini dan Doa yang Diajarkan Rasulullah

Rilo Pambudi · Kamis, 11 Agustus 2022 - 21:39:00 WIB
Amalan Lunas Utang 1 Hari, Melakukan Ibadah Ini dan Doa yang Diajarkan Rasulullah
Amalan Lunas Hutang 1 Hari (Foto: Ragsac/Getty Images)

JAKARTA, iNews.id - Ada sejumlah amalan lunas utang 1 hari yang bisa amalkan dalam Islam. Utang merupakan hal yang wajib dibayar sesuai dengan kesepakatan atau perjanjian dengan penghutang.

Islam memang tidak melarang berhutang. Tetapi yang perlu diingat adalah jangan sampai berhutang menjadi suatu kebiasaan yang justru akan menyusahkan.  Menurut Siti ‘Aisyah ra, Rasulullah SAW selalu berlindung kepada Allah supaya terlepas dari jerat utang.

Maksud dari melakukan amalan ini bukan lantas serta merta langsung dapat membayar utang dalam satu hari itu juga.  Amalan berikut ini bisa dijalankan setiap hari seraya terus berserah memohon kemudahan kepada Allah agar diringankan jalan rezeki dalam membayar utang-utang. Berikut beberapa amalan lunas utang 1 hari yang bisa diamalkan sembari terus mencari rezeki dan berupaya melunasi utang sesegera mungkin.

Amalan Lunas Hutang 1 Hari: 

1. Rutin Shalat Malam

 Shalat malam adalah amalan yang bisa dilakukan agar segera dapat melunasi utang. Shalat malam adalah upaya seorang hamba untuk meminta pertolongan dan perlindungan kepada Allah SWT.

Seperti yang disampaikan oleh Ibnu ‘Umar, Rasulullah SAW pernah bersabda; “Barangsiapa yang mati dalam keadaan masih memiliki hutang satu dinar atau satu dirham, maka hutang tersebut akan dilunasi dengan kebaikannya (di hari kiamat nanti) karena di sana (di akhirat) tidak ada lagi dinar dan dirham.” (HR. Ibnu Majah).

Untuk itu, penting bagi seorang Muslim untuk cepat-cepat menyelesaikan persoalan hutang. sebelum datangnya ajal. Melakukan shalat malam sebagai amalan lunas hutang 1 hari adalah bentuk ikhtiar agar segala urusan dapat dipermudah oleh Allah SWT. 

Shalat malam yang dimaksud adalah shalat hajat, yang menjadi salah satu amalan sunnah jika ingin hajatnya dikabulkan. Shalat malam berupa shalat hajat ini tentu tidak akan serta-merta membuat utang lunas dalam sekejap mata. Tetapi tetap dibutuhkan usaha sendiri untuk mencari rezeki guna membayar hutang-hutang tersebut.


2. Membaca Doa Pelunas Hutang yang Diajarkan Rasulullah SAW


« اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ »


Arab-latin: Allahumma innii a'uudzubika minal hammi wal khazani wa a'uudzubika minal 'ajzi wal kasali wa a'uudzubika minal jubni wal bukhli wa a'uudzubika min gholabatid daiyni waqahrir rijaali.


Artinya: Ya Allah, saya berlindung kepada-Mu dari susah dan sedih, dari lemah dan malas, dari takut dan kikir, dikalahkan oleh hutang dan penguasaan orang lain.” (HR Abu Dawud No 1330).

3. Doa Pelunas Hutang lainnya:


 اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَفِتْنَةِ الْمَمَاتِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْمَأْثَمِ وَالْمَغْرَمِ


Arab-latin: Allahumma inni a'uudzubika min 'adzaabil qabri wa a'uudzubika min fitnatil masiihid dajjaali wa a'uudzubika min fitnatil mahyaa wa fitnatil mamaati, allahumma inni a'uudzubika mina'ma'tsami wal maghrami.


Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah Al Masihid Dajjal, dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kehidupan dan fitnah kematian. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan dosa dan hutang).

Rasulullah Saw mengajarkan doa ini kepada sahabat Abu Umamah agar dapat membayar utang-utangnya, akhirnya ia pun mampu membayarnya. Sesuai hadis, doa ini dibaca tiap pagi dan sore.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda