Hikmah

5 Amalan Malam Jumat yang Dianjurkan Nabi SAW Lengkap dengan Dalil dan Keutamaan

Kastolani ยท Kamis, 15 September 2022 - 14:50:00 WIB
5 Amalan Malam Jumat yang Dianjurkan Nabi SAW Lengkap dengan Dalil dan Keutamaan
Membaca Surat Al-Kahfi di hari Jumat memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id – Hari Jumat merupakan sayyidul ayyam atau penghulunya hari bagi umat Islam. Ada banyak amalan malam Jumat yang dianjurkan Nabi SAW untuk dilakukan umatnya agar mendapat pahala dan keutamaan.

Karena itu, Muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan ibadah di malam Jumat seperti membaca Surat Al Kahfi, Surat Yasin, membaca sholawat Nabi dan sholat malam. 

Ustaz Syafri Muhammad Noor dalam bukunya berjudul Hukum Fiqih Seputar Hari Jumat menjelaskan, Hari jumat merupakan hari raya pada setiap pekan bagi umat Islam. 

Memang pada dasarnya, semua hari dalam Islam tidak ada yang tidak baik, semuanya baik. Namun, ada satu hari yang Allah jadikan sebagai hari yang mulia daripada hari-hari yang lainnya yakni hari jumat.

Para ulama pun menuliskan tentang kemuliaan hari jumat dalam satu kitab tersendiri. Ibnul Qayyim Al-Jauziyah (w. 751 H), salah seorang ulama hanabilah yang sangat produktif dalam menuliskan karya, salah satunya adalah Kitab Zaad al-Ma’ad al-hadyu ilaa Sabiil ar-Rasyaad.

Dalam kitab tersebut dijelaskan bahwa hari jumat memiliki 33 keistimewaan yang berdasarkan pada hadits-hadits nabi yang dianggap shahih.

Selain ibnul Qayyim, Ada juga Imam Jalaluddin AsSuyuthi (w. 911 H), seorang ulama dari madzhab syafii yang juga sangat produktif dalam menelurkan sebuah karya.

Salah satu karyanya adalah kitab Nurul lum’ah fi khashaish al-Jum’ah, di mana dalam kitab tersebut dijelaskan bahwa hari jumat memiliki 100 keutamaan.

Amalan Malam Jumat

Hujjatul Islam, Imam Al Ghazali dalam kitabnya Bidayatul Hidayah  menganjurkan umat Islam untuk menghidupkan amalan malam Jumat dengan membaca beberapa surat Alquran.

“Disunnahkan pada hari jumat atau pada malamnya, untuk melakukan shalat empat rakaat dengan membaca surat-surat berikut: Surat al-An’am, al-Kahfi, Taaha dan Surat Yaasin. Jika tidak mampu maka bisa hanya dengan membaca Surat Yasin dan ad-Dukhan, alif laam mimm as-Sajadah dan Surat al-Mulk”.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda