Hikmah

Arti Asmaul Husna Al Aziz, Al Adl, Al Qayyum serta Al Basith Lengkap dengan Dalil

Kastolani · Senin, 20 September 2021 - 16:49:00 WIB
Arti Asmaul Husna Al Aziz, Al Adl, Al Qayyum serta Al Basith Lengkap dengan Dalil
Arti Asmaul Husna sudah seharusnya diketahui Muslim agar bisa mengenal Allah lebih dekat. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Arti Asmaul Husna adalah nama-nama Allah terbaik yang mencerminkan kebesaran Allah dan keagungan-Nya yang mesti menyatu dalam diri-Nya.  Asmaul husna secara bahasa berasal dari kata asma yang berarti nama-nama, sedangkan Al Husna adalah terbaik.

Jadi, Asmaul husna adalah nama-nama terbaik dan agung yang dimiliki oleh Allah SWT. Muslim harus meyakini bahwa Allah mempunyai nama-nama terbaik ini. Allah berfirman dalam Al Quran bahwasannya Dia memang mempunyai nama-nama terbaik, yaitu Asmaul Husna.

Allah berfirrman juga dalam Q.S Thaha [20] : 8,

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۗ لَهُ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰى

Artinya: Dialah Allah, tidak ada tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Dia mempunyai al-asmaaul husna (nama-nama yang baik). (QS. Thaha: 8)

Dalam haditsnya, Rasulullah SAW bersabda:

"إِنَّ لِلَّهِ تَعَالَى تِسْعَةً وَتِسْعِينَ اسْمًا، مِائَةٌ إِلَّا وَاحِدًا، مَنْ أَحْصَاهَا دخل الجنة، وهو وتر يُحِبُّ الْوِتْرَ"

Artinya: Sesungguhnya Allah mempunyai sembilan puluh sembilan nama, alias seratus kurang satu. Barang siapa yang menghitung-hitungnya, niscaya masuk surga; Dia Witir dan menyukai yang witir".
Dalil yang menunjukan keberadaan asmaul husna disebutkan dalam Surat Al Hasyr. Allah SWT berfirman:

هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلا هُوَ عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ (22) هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلا هُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلامُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُ سُبْحَانَ اللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ (23) هُوَ اللَّهُ الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ لَهُ الأسْمَاءُ الْحُسْنَى يُسَبِّحُ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ (24) }

"Dialah Allah Yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Dialah Allah Yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Raja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Mengaruniakan keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang mempunyai nama-nama Yang Paling baik. Bertasbih kepada-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Dan Dialah Yang Mahaperkasa lagi Mahabijaksana. (QS. Al Hasyr ayat 23-24).

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: