Arti Masyaallah Tabarakallah, Diucapkan Ketika Melihat dan Mendengar Keajaiban

Kastolani ยท Selasa, 14 September 2021 - 19:28:00 WIB
Arti Masyaallah Tabarakallah, Diucapkan Ketika Melihat dan Mendengar Keajaiban
Arti masyaallah tabarakallah yakni apa yang dikehendaki oleh Allah pasti terjadi dan keberkahan atas kamu. Ucapan ini lazim disampaikan saat mendengar kabar baik. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Ucapan Masyaallah Tabarakallah lazim diucapkan Muslim ketika mendengar dan melihat sesuatu yang menakjubkan. Arti Masyaallah Tabarakallah yakni apa yang dikehendaki oleh Allah maka itulah yang terjadi dan semoga Allah memberkahimu.

Masyaallah Tabarakallah juga kerap disampaikan saat memberikan ucapan selamat kepada orang lain yang baru saja diberikan kenikmatan oleh Allah. 

Misalnya mendapat kesuksesan telah lulus kuliah, mendapat pekerjaan baru, berkesempatan menunaikan ibadah haji dan umrah, maupun kenikmatan lainnya.

Dosen Senior Mahad Aly Situbondo, KH Zainul Muin Husni Lc dikutip mahadaly-situbondo menjelaskan, sebagian orang Arab mengganti “la quwwata illa billah” dengan “tabarakallah” sehingga menjadi “masyaallah tabarakallah”. 

Biasanya ini diucapkan sebagai ungkapan simpati atau kagum sekaligus ucapan selamat pada seseorang yang menuturkan tentang nikmat yang Allah berikan pada dirinya atau keluarganya semisal akan berangkat haji, lulus ujian, diterima bekerja di perusahaan bergengsi dan seterusnya dalam kerangka “tahadduts bin-ni’mah”. 

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: