Hikmah

5 Ayat Alquran tentang Bersyukur Latin & Artinya

Kastolani · Minggu, 24 Oktober 2021 - 16:51:00 WIB
5 Ayat Alquran tentang Bersyukur Latin & Artinya
Ayat Alquran tentang bersyukur memerintahkan manusia agar selalu mensyukuri atas nikmat yang telah Allah berikan. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Ayat Alquran tentang bersyukur banyak disebutkan dalamm kitab suci. Allah SWT mengajarkan umatnya untuk selalu bersyukur dalam segala keadaan baik di kala senang dan bahagia, susah maupun sedih. Syukur merupakan sifat mulia yang harus dimiliki tiap Muslim dan orang yang beriman.

Syukur berasal dari bahasa arab dengan kata dasar “syakara” yang artinya berterima kasih, bentuk masdar dari kalimat ini adalah syukr, syukraan yang artinya rasa terima kasih.

Berikut ayat Alquran tentang bersyukur latin & artinya:

1. Surat Ad Duha ayat 11

وَاَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ

Latin: Wa Ammaa bini;mati rabbika fahaddits

Artinya: Dan terhadap nikmat Rabbmu maka hendaklah kamu menyebut-nyebutnya (dengan bersyukur).

2. Surat Luqman Ayat 12

وَلَقَدْ اٰتَيْنَا لُقْمٰنَ الْحِكْمَةَ اَنِ اشْكُرْ لِلّٰهِ ۗوَمَنْ يَّشْكُرْ فَاِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهٖۚ وَمَنْ كَفَرَ فَاِنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ حَمِيْدٌ

Wa laqad aataynaa luqmaanal hikmata anisykur lillaahi wa man yasykur fa innamaa yaskuru linafsih, wa man kafara fa innallaaha ghoniyyun hamiiid.

Artinya: Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmat kepada Luqman, yaitu: "Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji."

3. Surat Ibrahim ayat 7

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Latin: Wa idz ta adzzana rabbukum lainng syakartum la aziidannakum wala inngkafartum inna 'adzaabii lasyadiiid. 

Artinya: Dan (ingatlah juga), takala Rabbmu memaklumkan:"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih."

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: