Hikmah

Ayat Alquran tentang Motivasi Hidup, Arti, Makna

Kastolani · Minggu, 09 Januari 2022 - 07:59:00 WIB
Ayat Alquran tentang Motivasi Hidup, Arti, Makna
Ayat Alquran tentang motivasi hidup bagi Muslim salah satunya ada dalam Surat Yusuf. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id -  Ada banyak ayat Alquran tentang motivasi hidup bagi manusia yang memang diciptakan dengan sifat keluh kesah, takut dan sedih.

Sifat-sifat tersebut kerap dialami seseorang ketika sedang ditimpa musibah, bencana atau kesulitan hidup yang dialaminya.

Namun jika diberikan kenikmatan, manusia kerap lupa kepada siapa yang telah memberikan kenikmatan hidup.

Padahal, manusia diciptakan sejatinya tidak lain untuk beribadah kepada Allah SWT.

Berikut ayat Alquran tentang motivasi hidup, arti, makna yang perlu dipahami dan direnungkan:

1. Surat At Taubah ayat 40, Jangan Bersedih

اِلَّا تَنْصُرُوْهُ فَقَدْ نَصَرَهُ اللّٰهُ اِذْ اَخْرَجَهُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا ثَانِيَ اثْنَيْنِ اِذْ هُمَا فِى الْغَارِ اِذْ يَقُوْلُ لِصَاحِبِهٖ لَا تَحْزَنْ اِنَّ اللّٰهَ مَعَنَاۚ فَاَنْزَلَ اللّٰهُ سَكِيْنَتَهٗ عَلَيْهِ وَاَيَّدَهٗ بِجُنُوْدٍ لَّمْ تَرَوْهَا وَجَعَلَ كَلِمَةَ الَّذِيْنَ كَفَرُوا السُّفْلٰىۗ وَكَلِمَةُ اللّٰهِ هِيَ الْعُلْيَاۗ وَاللّٰهُ عَزِيْزٌ حَكِيْمٌ

Artinya: Jika kamu tidak menolongnya (Muhammad), sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir mengusirnya (dari Mekah); sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, ketika itu dia berkata kepada sahabatnya, “Jangan engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita.” Maka Allah menurunkan ketenangan kepadanya (Muhammad) dan membantu dengan bala tentara (malaikat-malaikat) yang tidak terlihat olehmu, dan Dia menjadikan seruan orang-orang kafir itu rendah. Dan firman Allah itulah yang tinggi. Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.

Makna:

Dalam ayat ini mengajarkan bahwa manusia beriman (Muslim) tidak boleh bersedih dan takut karena pertolongan Allah bagi hamba-Nya pasti akan datang.

2. Surat Yusuf ayat 87, Larangan Berputus As

يٰبَنِىَّ اذۡهَبُوۡا فَتَحَسَّسُوۡا مِنۡ يُّوۡسُفَ وَاَخِيۡهِ وَلَا تَايۡــَٔسُوۡا مِنۡ رَّوۡحِ اللّٰهِ‌ؕ اِنَّهٗ لَا يَايۡــَٔسُ مِنۡ رَّوۡحِ اللّٰهِ اِلَّا الۡقَوۡمُ الۡكٰفِرُوۡنَ "

Wahai anak-anakku! Pergilah kamu, carilah (berita) tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat Allah, hanyalah orang-orang yang kafir." (QS. Yusuf: 87).

Makna:

Dalam ayat ini, manusia yang beriman harus optimistis dan tidak boleh berputus asa dalam berusaha. Sebab, Rahmat Allah sangat luas.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda