Hikmah

Bacaan Bilal Tarawih 20 Rakaat Bersama Witir Lengkap dengan Jawaban Jemaah

Kastolani · Selasa, 13 April 2021 - 18:55:00 WIB
Bacaan Bilal Tarawih 20 Rakaat Bersama Witir Lengkap dengan Jawaban Jemaah
Umat muslim menunaikan ibadah salat tarawih di masjid Baiturrahman, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Senin (12/4/2021).(Foto:Antara)

JAKARTA, iNews.id - Bacaan bilal tarawih dilakukan oleh orang yang ditugaskan khusus saat pelaksanaan sholat tarawih. Bacaan bilal tarawih ini berisi sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Selain itu, taradhdhi untuk mendoakan empat khalifah yakni Abu Bakar Ash shiddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib.

Bacaan bilal tarawih ini mengisi selepas salam sebelum kembali melanjutkan sholat tarawih berikutnya.
Sholat Tarawih ini identik dengan bulan Ramadhan karena memang sholat sunnah itu hanya bisa dikerjakan di bulan suci. 

Shalat Tarawih hukumnya sunah muakkadah (sunah yang sangat dianjurkan) bagi setiap laki-laki dan wanita yang dilaksanakan pada tiap malam bulan Ramadhan.

Dinamakan Tarawih karena orang yang melaksanakan shalat sunah di malam bulan Ramadhan beristirahat sejenak di antara dua kali salam.

Sebab dengan duduk tersebut, mereka beristirahat karena lamanya melakukan Qiyam Ramadhan. Bahkan, dikatakan bahwa mereka bertumpu pada tongkat karena lamanya berdiri.

Dari situ kemudian, setiap empat rakaat (dengan 2 salam) disebut Tarwihah, dan semuanya disebut Tarawih. Hal itu sebagaimana dijelaskan oleh al-Hafiz Ibn Hajar al 'Asqallaaniy dalam kitab Fath al-Baari Syarah al-Bukhari sebagai berikut:

سُمِّيَتِ الصَّلَاةُ فِي الْجَمَاعَةِ فِي لَيَالِي رَمَضَانَ التَّرَاوِيحَ لِأَنَّهُمْ أَوَّلَ مَا اجْتَمَعُوْا عَلَيْهَا كَانُوا يَسْتَرِيحُوْنَ بَيْنَ كُلِّ تَسْلِيمَتَيْنِ .

Artinya: Shalat jamaah yang dilaksanakan pada setiap malam bulan Ramadhan dinamai Tarawih karena para sahabat pertama kali melaksanakannya, beristirahat pada setiap dua kali salam.

Berikut susunan bacaan bilal Sholat Tarawih dikutip dari Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah-KTB.

1. Seruan Sholat Pertama

 لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَه‘ لاَ شَرِ يْكَ لَه‘ , لَهُ الْمُلْكُ وَ لَهُ الْحَمْدُ يُحْيِ وَ يُمِيْتُ وَ هُـوَ عَلَى كُلِّ شَـيْئٍ قَدِيْرٌ .
اَلصَّلاَ ةْ 3 × اَلصَّلاَ ةَ سُــنَّةَ مِنَ الـتَّرَاوِيْحِ رَكْعَـتَيْنِ جَمَاعَةً رَحِمَكُمُ اللهُ .

Jawaban jemaah:

اللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَيْهِ

Allaahumma shalli wa sallim ‘alaih. 

Editor : Kastolani Marzuki