Bacaan Niat Puasa Ganti Puasa Ramadhan Lengkap Arab dan Terjemahan, Ini Waktu yang Tepat

Rilo Pambudi · Selasa, 20 September 2022 - 19:28:00 WIB
Bacaan Niat Puasa Ganti Puasa Ramadhan Lengkap Arab dan Terjemahan, Ini Waktu yang Tepat
Niat Puasa Ganti Puasa (Foto: Ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNews.id - Bacaan niat puasa ganti puasa Ramadhan penting untuk diketahui setiap Muslim. Ketika seorang Muslim meninggalkan puasa Ramadhan karena suatu hal, maka harus mengganti puasa wajib tersebut di luar bulan Ramadhan.

Muslim yang batal puasanya baik disengaja maupun tidak saat bulan Ramadhan, juga diwajibkan mengganti puasanya di hari lain di luar Ramadhan. Mengerjakan ibadah tersebut sering disebut dengan qadha puasa.

Qadha dalam Bahasa Arab bisa bermakna hukum dan penunaian. Sementara secara istilah, para ulama mendefinisikan qadha’ sebagai mengerjakan kewajiban (ibadah) setelah lewat waktunya.

Dalil tentang qadha puasa Ramadhan ini berdasarkan firman Allah SWT:

 فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ (١٨٤ 

Artinya; “Maka Barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi Makan orang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, Maka Itulah yang lebih baik baginya. dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui” (Qs. Al-Baqarah: 184)

Niat Puasa Ganti Puasa Ramadhan

نويت صوم غد عن قضاء فرض رمضان لله تعالى.

Latin: Nawaitu Shauma Ghadin 'An Qadha'I Fardi Ramadhana Lillaahi Ta'Ala.

Artinya : Saya niat berpuasa besok dari mengqadha' fardu ramadhan Lillaahi Ta'ala

Niat Puasa Qadha Ramadhan tidak boleh dicampur dengan niat puasa sunnah. Sebab, status qadha puasa itu adalah wajib. Maka, niat harus dilakukan pada malam harinya atau saat makan sahur. 

Syarat ini mendasarkan pada Hadits Rasulullah SAW.

“من لم يبيت النية قبل الفجر فلا صيام له”- 

"Siapa yang tidak menetapkan niat sebelum fajar, maka tiada puasa baginya". 

Waktu yang Tepat untuk Ganti Puasa Ramadhan

Berdasarkan Ijma’ para ulama, seseorang diwajibkan mengqadha’ puasa dalam rentang waktu setelah bulan Ramadhan sampai sebelum menjelang Ramadhan selanjutnya. Serta, diharamkan melakukan qadha puasa di hari-hari yang diharamkan.

Namun, puasa qadha Ramadhan dianjurkan untuk dilakukan sesegera mungkin. Jika belum sempat menunaikan qadha’ puasa, maka bulan Sya’ban adalah batas akhir untuk membayar hutang puasa yang belum ditunaikan.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda