Cara Khatam Alquran di Bulan Ramadhan, Bisa Dibagi per Juz

Inas Rifqia Lainufar ยท Jumat, 22 April 2022 - 16:46:00 WIB
Cara Khatam Alquran di Bulan Ramadhan, Bisa Dibagi per Juz
Cara khatam Alquran di bulan Ramadhan (Foto: Thirdman/Pexels)

JAKARTA, iNews.id – Cara khatam Alquran di bulan Ramadhan bisa dilakukan dengan membagi setiap juz yang hendak dibaca secara konsisten. Tak hanya dapat menyelesaikan 30 juz dalam kurun waktu satu bulan, strategi tersebut juga akan menciptakan kebiasaan baru bagi setiap muslim untuk membaca Alquran setiap harinya, bahkan di luar bulan Ramadhan.


Mengkhatamkan Alquran di bulan Ramadhan memang sudah menjadi rutinitas yang banyak dilakukan oleh setiap muslim karena setiap ibadah akan memiliki nilai yang berlipat di bulan suci tersebut. Hadits riwayat Ad-Dailami bahkan mengatakan, “Ketika seorang hamba mengkahatamkan Al-Qur’an, maka di penghujung khatamnya, sebanyak 60 ribu malaikat akan memohonkan ampun untuknya.” Lalu, bagaimana cara khatam Alquran di bulan Ramadhan? Simak tips dari iNews.id berikut ini.

Cara khatam Alquran di bulan Ramadhan

1. Membaca 1 juz setiap hari bagi laki-laki

Karena pada umumnya satu bulan Ramadhan terdiri dari 30 hari, maka cara khatam Alquran yang harus dilakukan oleh pria muslim adalah dengan membaca 1 juz setiap harinya hingga 30 juz dapat diselesaikan dalam satu bulan.

Dengan demikian, Anda bisa membaca 1 juz Alquran dalam satu kali duduk selama 30 hari berturut-turut di bulan Ramadhan.

Namun jika cara itu dirasa sangat memberatkan, Anda bisa membaginya dengan membaca 2 lembar Alquan setiap selesai salat 5 waktu agar 1 juz dapat terselesaikan dalam satu hari. 

Lalu, bagaimana jika dalam suatu waktu bulan Ramadhan tidak terdiri dari 30 hari, tetapi 29 atau 28 hari saja? Maka Anda bisa menambah jumlah lembar Alquran yang dibaca menjadi 3 lembar setiap selesai salat 5 waktu.

2. Membaca 2 juz setiap hari bagi perempuan

Perempuan yang mengalami haid tidak diperkenankan menjalankan sejumlah ibadah tertentu dalam agama Islam, termasuk membaca Alquran.

Hal ini sesuai dengan salah satu ayat Alquran dalam surat Al Waqiah: 79 yang berbunyi, “Tidak menyentuhnya (Al-Qur’an) kecuali orang-orang yang suci.”

Oleh sebab itu, cara khatam Alquran bagi perempuan atau muslimah di bulan Ramadhan adalah dengan membaca setidaknya 2 juz setiap hari.

Namun jika tidak bisa membaca 2 juz Alquran dalam satu kali duduk, perempuan tersebut bisa membaginya menjadi 3 sampai 4 lembar Alquran untuk dibaca setiap selesai salat 5 waktu.

Cara tersebut ditempuh agar muslimah dapat menyelesaikan 30 juz Alquran dalam kurun waktu 15 hari saja.
Haid yang datang setiap bulan pun tidak akan bisa menghalangi setiap muslimah yang ingin mengkhatamkan Alquran di bulan Ramadhan.

3. Melakukan tadarus

Apabila mengkhatamkan Alquran secara sendirian dianggap memberatkan bagi orang awam, maka tadarus atau membaca Alquran bersama-sama adalah solusinya.

Tadarus dapat meringankan dan mempercepat penyelesaian 30 juz Alquran di bulan Raamdhan.

Nantinya, setiap orang akan membaca 1 sampai 2 juz Alquran dan menyimak bacaan orang lain hingga selesai setiap kali tadarus dilaksanakan.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda