Hikmah

Cara Menghafal Surat Yasin dengan Cepat dan Mudah, Simak Langkah-Langkahnya

Kastolani · Kamis, 11 Agustus 2022 - 20:32:00 WIB
Cara Menghafal Surat Yasin dengan Cepat dan Mudah, Simak Langkah-Langkahnya
Cara menghafal Surat Yasin dengan cepat dan mudah salah satunya membacanya berulang-ulang dan rutin. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Surat Yasin merupakan salah satu surat dalam Alquran yang penting untuk dihafalkan. Lalu, bagaimana cara menghafal Surat Yasin?

Yasin merupakan surat ke-38 dalam Alquran. Surat berjumlah 83 ayat itu masuk dalam surat Makiyah atau yang diturunkan di Makkah. Arti surat itu hanya Allah yang tahu, namun sebagian ulama tafsir menakwil arti surat itu dengan nama Nabi Muhammad.

Ibnu Katsir dalam tafsirnya menjelaskan, bahwa Surat Yasin berisi tentang penegasaan kepada umat manusia bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah yang ditugaskan untuk membawa manusia kepada agama yang lurus. 

Selain itu, berisi tentang kematian, siksa dan peringatan kepada manusia yang tidak beriman kepada Allah di alam kubur dan balasan kelak di akhirat.

Keutamaan membaca Surat Yasin setiap malam dengan mengharap ridho Allah seperti disebutkan dalam beberapa hadits akan diampuni dosa-dosanya. 

قعَنِ الْحَسَنِ قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "مَنْ قَرَأَ يس فِي لَيْلَةٍ أَصْبَحَ مَغْفُورًا لَهُ. وَمَنْ قَرَأَ: "حم" الَّتِي فِيهَا الدُّخَانُ أَصْبَحَ مَغْفُورًا لَهُ"

Artinya: Dari Al-Hasan yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar Abu Hurairah r.a. berkata bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Barang siapa yang membaca surat Yasin di malam hari, pada keesokan harinya ia diampuni. Dan barang siapa yang membaca Ha Mim yang di dalamnya disebutkan Dukhan (surat Ad-Dukhan), pada pagi harinya diampuni. Sanad hadis ini jayyid (baik).

Selain itu, Surat Yasin juga disebut kalbunya Alquran. Orang yang membaca Surat yasin setiap malam hari akan mendapat pahala seperti membaca Alquran 10 kali. 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "إِنَّ لِكُلِّ شَيْءٍ قَلْبًا، وَقَلْبُ الْقُرْآنِ يس".

Artinya: Dari Abu Hurairah r.a. yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Sesungguhnya segala sesuatu itu mempunyai kalbu, dan kalbu Al-Qur’an adalah surat Yasin.

Cara Menghafal Surat Yasin

Hukum menghafalkan Al Quran menurut jumhur ulama adalah fardhu kifayah atas seluruh umat Islam sebagaimana penegasan al Jurjani dalam as Syafi, al ‘Ubadi.

Dalam kitab Durratun Nashihin disebutkan beberapa cara menghafal Al Quran termasuk di antaranya menghafal Surat Yasin :

من اراد أن يحفظ العلم فعليه ان يلازم خمس خصال : الأولى صلاة الليل ولوركعتين , والثانية دوام الوضوء , ولثالثة التقوى في السر والعلانية , والرابعة ان يأكل للتقوى لاللشهوات , والخامسة السواك .

Artinya : “ Barangsiapa yang ingin menghafal ilmu, maka ia mesti melakukan lima perkara : pertama , shalat malam (Tahajjud) walaupun hanya dua raka’at, kedua terus menerus punya wudhu’ (menjaga wudhu’),ketiga bertaqwa kepada Allah, baik ditempat sepi maupun ditempat yang ramai. Ke-empat, makan untuk meningkatkan ketaqwaan, bukan karena mengikuti hawa nafsu. Kelima, rajin bersiwak “.  (Kitab Durratu an-Nashihin halaman 15).

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda