Cara Sujud Sahwi Sebelum Salam Dalam Shalat Lengkap dengan Bacaan Arab dan Artinya

Kastolani · Rabu, 28 September 2022 - 17:43:00 WIB
Cara Sujud Sahwi Sebelum Salam Dalam Shalat Lengkap dengan Bacaan Arab dan Artinya
Cara Sujud Sahwi sebelum salam dalam shalat ketika lupa mengerjakan salah satu rukun.(Foto: Pexels)

JAKARTA, iNews.id - Cara sujud sahwi sebelum salam penting diketahui bagi orang yang shalat untuk menggantikan kesalahan yang terjadi karena lupa.

Secara bahasa sahwi berarti lupa terhadap sesuatu atau lalainya hati terhadap suatu perkara. Adapun definisi atau pengertian sujud sahwi menurut para fuqoha yakni sujud yang dilakukan di akhir shalat atau setelah shalat lantaran kesalahan, baik karena tertinggalnya sesuatu yang diperintahkan ataupun karena dikerjakannya sesuatu yang terlarang tanpa sengaja.

Cara Sujud Sahwi Sebelum Salam

Dilansir dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, sujud merupakan salah satu rukun yang dikerjakan dalam salat. Sujud dilakukan dua kali pada setiap rakaat salat, yakni setelah rukuk dan duduk di antara dua sujud. 

Meskipun sujud merupakan gerakan di dalam salat, di luar salat ada beberapa sujud yang dianjurkan agar dilakukan oleh seorang muslim, yaitu sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.

Sujud sahwi merupakan sebutan untuk dua sujud yang dilakukan oleh orang yang salat untuk menggantikan kesalahan yang
terjadi di dalam salatnya karena lupa.

Terdapat perbedaan pendapat di antara ulama tentang hukum sujud sahwi. Ulama-ulama di Indonesia pada umumnya berpandangan bahwa hukum sujud sahwi sunah. Namun ada sebagian yang berpendapat hukum sujud sahwi menjadi wajib apabila yang terlupakan merupakan rukun salat yang sifatnya wajib.

Dalil sujud sahwi yakni hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim berikut ini:

Dari Abu Said al-Khudzri, ia berkata, “Rasulullah saw bersabda, ”Apabila salah seorang dari kalian ragu dalam salat nya, dan tidak mengetahui berapa rakaat dia salat, tiga atau empat rakaat, maka buanglah keraguan dan ambillah yang pasti, kemudian sujud dua kali sebelum salam.” (H.R. Muslim).

Hadis tersebut menyebutkan salah satu sebab dilaksanakannya sujud sahwi, yakni ragu jumlah rakaat yang dikerjakan.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda