Hikmah

Doa Berbuka Puasa Senin Kamis, Keutamaan dan 6 Manfaatnya

Kastolani ยท Senin, 21 Desember 2020 - 06:30:00 WIB
Doa Berbuka Puasa Senin Kamis, Keutamaan dan 6 Manfaatnya
Berdoa merupakan ibadah yang harus selalu dilakukan umat Islam. (Foto: SINDOnews)

Keutamaan Puasa

Menjalankan ibadah puasa sunah Senin-Kamis ini sudah dicontohkan Rasulullah SAW. Sebab, banyak sekali keutamaan menjalankan ibadah puasa sunah di kedua hari itu.

Selain akan diampuni dosa-dosanya, setiap hari Senin dan Kamis, seluruh amal atau perbuatan manusia selama satu pekan akan dinilai Allah.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW.

“Seluruh amal manusia dilaporkan ke hadapan Allah dalam setiap pekan dua kali, yaitu pada hari Senin dan hari Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya sedang bermusuhan.” (HR. Muslim)

Rasulullah SAW menyampaikan keutamaan puasa pada kedua kedua hari tersebut dengan sabdanya:

“Pintu-pintu Surga di buka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apa pun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim).

Selain keutamaan tersebut di atas, ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan melaksanakan puasa sunnah Senin dan Kamis, di antaranya:

1. Melatih kesabaran

Manfaat berpuasa dapat membantu seseorang melatih kesabaran dan meredam hawa nafsu, serta dapat meningkatkan kemauan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas ketakwaannya kepada Allah SWT.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda