Hikmah

Doa Iftitah Pendek sesuai Hadist: Arab, Latin dan Artinya Lengkap

puti aini yasmin · Senin, 17 Januari 2022 - 15:48:00 WIB
Doa Iftitah Pendek sesuai Hadist: Arab, Latin dan Artinya Lengkap
Doa Iftitah Allahumma Baid Baidi sunnah dibaca baik dalam sholat wajib maupun sunnah. (Foto: Dok.iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Doa iftitah sunnah dibaca dalam setiap sholat. Ada doa iftitah pendek dan panjang sesuai hadist. Berikut bacaan lengkapnya.

Dikutip dari buku 'Fikih Ibadah' karya Hasan Ayub, pada dasarnya doa iftitah baik dibaca yang mana saja. Namun, jika Anda sedang menjadi imam maka baca doa iftitah pendek.

Apa Saja Doa Iftitah?

Bacaan doa iftitah sesuai sunnah adalah sebagai berikut 

  • 1. Doa Iftitah Pendek Latin dan Artinya

Arab: اللهُ أَكْبَرُ كَبِيْراً وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيْراً وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلًا

BACA JUGA:

Latin: Allahuakbar kabiiro, walhamdulillahikasiro, wasubhanallahibukrotawa asyiilaa

Artinya: Allah Maha Besar dengan segala kebesaran, segala puji bagi Allah dengan pujian yang sangat banyak, Maha Suci Allah, baik pada waktu pagi dan juga petang. (HR Abu Daud)

  • 2. Doa Iftitah dan Artinya

Arab: سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ وَتَبَارَكَ اسْمُكَ وَتَعَالَى جَدُّكَ وَلاَ إِلَهَ غَيْرُكَ

Latin: Subhaanakallahumma wa bi hamdika wa tabaarokasmuka wa ta'aalaajadduka wa laa ilaha ghoiruk.

Artinya: Maha suci Engkau ya Allah, aku memuji-Mu, Maha berkah Nama-Mu. Maha tinggi kekayaan dan kebesaran-Mu, tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi dengan benar selain Engkau. (HR Muslim dan Abu Daud)

  • 3. Doa Iftitah Allahumma Ba'id

Arab: اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِيْ وَبَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ، اللَّهُمَّ نَقِّنِيْ مِنْ خَطَايَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، اللَّهُمَّ غَسِّلْنِيْ مِنْ خَطَايَايَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ.

Latin: Allaahumma baa’id bainii wa baina khataa yaaya kamaa baa’adta bainal masyriqi wal maghrib. Allaahumma naqqinii minal khataa yaa kamaa yunaqqats tsaubul abyadu minad danas. Allaahummaghsil khataa yaaya bilmaa-i wats tsalji wal barad

Artinya: Ya Allah, jauhkanlah antara aku dengan kesalahan – kesalahanku sebagaimana Engkau sudah menjauhkan antara timur dengan barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dari berbagai kesalahanku seperti baju putih yang telah dibersihkan dari kotoran. Ya Allah, sucikanlah aku dari berbagai kesalahanku dengan salju, air, dan juga air dingin.  (HR Bukhari dan Muslim)

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: