Hikmah

4 Doa Ketika Hujan Turun Lengkap dengan Arti agar Terhindar dari Banjir

Kastolani · Rabu, 15 September 2021 - 15:44:00 WIB
4 Doa Ketika Hujan Turun Lengkap dengan Arti agar Terhindar dari Banjir
Doa ketika hujan merupakan ikhtiar batin agar hujan yang diturunkan oleh Allah SWT menjadi rahmat bukan bencana. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Doa ketika hujan merupakan ikhtiar batin meminta kepada Allah SWT agar hujan yang diturunkan ke bumi mendatangkan rahmat bukan bencana. Sejumlah wilayah di Indonesia kini sudah dilanda hujan deras disertai angin kencang dan petir. 

BMKG pun mengimbau masyarakat terutama di daerah rawan bencana untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana banjir maupun longsor ketika hujan deras.

Selain itu, Muslim pun dianjurkan untuk membaca doa ketika hujan gar hujan yang merupakan karunia Allah tidak menjadi malapetaka atau bencana.

Berikut doa ketika hujan agar segera reda dan tidak mengakibatkan banjir sesuai sunah Nabi SAW:

1. Doa Nabi SAW ketika hujan deras

اللَّهمَّ حوالَيْنَا ولا عَلَينَا، اللَّهُمَّ علَى الآكَامِ والظِّرَابِ، وبُطونِ الأوديةِ ومنَابِتِ الشَّجَر

Allahumma hawwa alaina wlaa 'alaina allahumma 'alalakaami wadhdhorobi wabuthuunil audiyati wamanabitisy syajaroti.

Artinya: Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Yaa, Allah, Berilah hujan ke daratan tinggi, beberapa anak bukit perut lembah dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan". (HR Bukhari).

2. Doa Nabi SAW saat Hujan Disertai Angin

Dari Siti Aisyah radhiallahu anha bahwa Rasulullah SAW berdoa ketika terjadi angin kencang:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ

Allahumma Ibnu asaluka khoiroha wakhoiro mas fiiha wa khoiro mas arsilat biji wa 'audzubika min syarriha wasyarri mas fiiha wasyarri mas ursilat bihii.

“Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan angin ini dan kebaikan yang ada padanya dan kebaikan yang dibawanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan angin ini, keburukan yang ada padanya dan keburukan yang dibawanya.” (HR. Muslim 2122).

Editor : Kastolani Marzuki