Hikmah

Doa Penyembelihan Qurban Beserta Artinya Lengkap dengan Tata Cara

Kastolani · Selasa, 20 Juli 2021 - 16:47:00 WIB
Doa Penyembelihan Qurban Beserta Artinya Lengkap dengan Tata Cara
Doa penyembelihan qurban dan artinya penting diketahui saat menyembelih hewan kurban pada Idul Adha 2021. (Foto: Dok.iNews)

Tata Cara Penyembelihan Qurban

Ustaz Muhammad Saiyid Mahadhir Lc MA dari Rumah Fiqih Indonesia menjelaskan beberapa tata cara penyembelihan qurban menurut para ulama di antaranya disunnahkan untuk membaca nama Allah dan bertakbir, lafadznya adalah: "Bismillahi Allahu Akbar." Dan disebutkan Allahumma hadzihi udhiyah 'an fulan, yang artinya: Ya Allah, aku persembahkan hewan udhiyah ini untuk si fulan."

Selain itu, disunnahkan membaca takbir saat proses penyembelihan hewan qurban.

اللهُ اَكْبَرُ اللهُ اَكْبَرُ اللهُ اَكْبَرُ

لَا اِلَهَ اِلَّا اللهُ وَاللهُ اَكْبَر ,اللهُ اَكْبَر وَللهِ الحَمْدُ

Allaahu akbar, Allaahu akbar, Allaahu akbar. Laailaaha illallah wallahu akbar, Allahu akbar walillahilhamdu

Artinya, “Allah maha besar, Allah maha besar, Allah maha besar. Tidak ada Tuhan selain Allah, Allah Mahabesar dan segalapuji hanya bagi Allah”.

Hewan qurban yang akan disembelih hendaknya dihadapkan ke Kiblat. Setelah itu, menyembelih di Leher atai Pangkal Leher dan mengarahkan pisau ke depan dan belakang dengan cepat agar tidak menyakiti hewan.

Keutamaan Qurban

Keutamaan Qurban banyak disebutkan dalam Al Quran dan hadits Nabi SAW. Dalam Surat Al Hajj ayat 37, Allah SWT berfirman, bahwa sesungguhnya telah disyariatkan bagi kalian menyembelih hewan-hewan ternak itu sebagai kurban agar kalian menyebut nama-Nya saat menyembelihnya.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda