Hikmah

Doa Sebelum Mengerjakan Ujian agar Dimudahkan dan Lulus Memuaskan

Kastolani · Senin, 07 Juni 2021 - 05:29:00 WIB
Doa Sebelum Mengerjakan Ujian agar Dimudahkan dan Lulus Memuaskan
Muslim dianjurkan membaca salam dan berdoa saat masuk rumah dan keluar rumah. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Doa sebelum mengerjakan ujian merupakan ikhtiar yang penting dilakukan tiap Muslim agar bisa lulus dan mendapat nilai maksimal.

Berdoa di kala menghadapi ujian sekolah, ulangan maupun ujain skripsi juga bisa membuat hati dan pikiran merasa lebih tenang. 

Memanjatkan doa memohon kepada Allah SWT agar diberikan ilmu dan pemahaman luas sudah dicontohkan Rasulullah SAW. Tiap kali menerima wahyu, Nabi SAW berdoa agar diberikan ilmu yang bermanfaat.

Dalam Al Qur'an, Allah SWT berfirman:

{وَقُلْ رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا}

Dan katakanlah, "Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.” (QS. Thaha: 114)

Ibnu Uyaynah mengatakan bahwa Rasulullah SAW terus-menerus mendapat tambahan ilmu hingga Allah SWT mewafatkannya. Karena itulah di dalam sebuah hadis telah disebutkan:

"إِنَّ اللَّهَ تَابَعَ الْوَحْيَ عَلَى رَسُولِهِ، حَتَّى كَانَ الْوَحْيُ أَكْثَرَ مَا كَانَ يَوْمَ تُوُفِّيَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Sesungguhnya Allah menurunkan wahyu kepada Rasul-Nya secara berturut-turut, sehingga wahyu banyak diturunkan di hari-hari beliau menjelang wafatnya.

Berikut Doa Sebelum Mengerjakan Ujian yang bisa diamalkan:

1. Doa Nabi SAW

"اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا علَّمتني، وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي، وَزِدْنِي عِلْمًا، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Allahuma anfa'anii bimaa 'allamtanii wa 'allimnii maa yanf'unii wazidnii 'ilman walhamdulillahi 'alaa kulli haalin.

Atinya: Ya Allah, berilah aku manfaat melalui ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, dan ajarilah aku hal-hal yang bermanfaat bagiku, dan tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan, dan segala puji bagi Allah dalam semua keadaan.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3