Hikmah

Kumpulan Doa Terhindar dari Penyakit Menular dan Bacaan Sholawat Penenang Hati

Kastolani · Sabtu, 24 Juli 2021 - 07:30:00 WIB
Kumpulan Doa Terhindar dari Penyakit Menular dan Bacaan Sholawat Penenang Hati
Doa terhindar dari penyakit menular seperti Covid-19 perlu rutin dipanjatkan Muslim sebagai upaya batin agar selamat dari wabah tersebut. (Foto: Dok)

JAKARTA, iNews.id - Doa terhindar dari penyakit menular seperti virus corona atau Covid-19 merupakan salah satu upaya batin yang perlu dilakukan tiap Muslim agar diselamatkan dari penyakit mematikan tersebut. 

Kemunculan Covid-19 yang berawal dari Wuhan, China pada akhir 2019 telah mewabah di seluruh dunia hingga membuat panik masyarakat. 

Hampir tiap hari tren kasus positif Covid-19 khususnya di Indonesia terus meningkat. Data yang dimutakhirkan Jumat (23/7/2021) hingga pukul 12.00 WIB memperlihatkan penambahan pasien positif Covid-19 49.071 orang sehingga jumlahnya mencapai 3.082.410. 

Data kematian akibat Covid-19 pun terus memecahkan rekor. Hingga, Jumat kemarin, jumlah yang pasien Covid-19 yang meninggal dunia mencapai 80.598 orang. Ada penambahan 1.566 orang. 

Pemerintah Indonesia pun terus berupaya menekan laju kenaikan kasus Covid-19 dengan memberlakukan PPKM Darurat dan penerapan protokol kesehatan ketat. 

Selain ikhtiar menjaga diri dari wabah Covid-19 melalui pola hidup sehat dengan selalu menerapkan prokes ketat, sebagai Muslim dianjurkan untuk selalu memanjat doa memohon keselamatan dan dijauhkan dari wabah penyakit.

Berikut doa terhindar dari penyakit menular yang diajarkan Rasulullah SAW.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْبَرَصِ وَالْجُنُوْنِ وَالْجُذَامِ وَمِنْ سَيِّئِ الْأَسْقَامِ

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, kusta, dan dari segala penyakit yang buruk/mengerikan lainnya.”(HR. Abu Dawud 1554).

Doa terhindar dari penyakit menular lainnya yakni:

اللهُمَّ ارْفُعْ عَنَّا الغَلا وَالوَبَاء وَالرِّبا وَالزِّنا وَالزَّلازِلَ وَالمِحَنَ،
وَسُوءَ الفِتَنِ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَما بَطَنَ، عَنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَعَنْ
 سَائِرِ بِلادِ المُسْلِمِينَ، بِرَحْمَتِكَ يَا أِرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Allahummar fa' 'annal ghala wal waba’ war-riba waz zina wal zalazila wal mihan, wa su'al fitan, ma dhahara minha wa ma bathan, 'an bilaadina haadza khaashatan wa 'an saa'iri biladil muslimiin, bi rahmatika yaa arhamar-raahimiin.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3