Hikmah

Doa Walimatul Ursy untuk Pengantin saat Menghadiri Pesta Pernikahan

Kastolani · Kamis, 14 Oktober 2021 - 18:00:00 WIB
Doa Walimatul Ursy untuk Pengantin saat Menghadiri Pesta Pernikahan
Doa Walimatul Ursy dipanjatkan sebagai rasa syukur atas terselenggaranya pernikahan. (Foto: SINDOnews)

JAKARTA, iNews.id - Doa Walimatul Ursy lazim dibaca setelah akad nikah sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas terselenggaranya pernikahan. 

Memenuhi undangan walimatul ursy atau resepsi pernikahan merupakan salah satu kewajiban tiap Muslim. Saat menghadiri pernikahan, Muslim dianjurkan membaca doa pernikahan untuk kebaikan bagi pengantin.

Perkawinan merupakan fase peralihan kehidupan manusia dari masa remaja dan masa muda ke masa berkeluarga. Pernikahan adalah cara yang telah dipilih Allah SWT sebagai jalan bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan bilogisnya secara sah agar terhindar dari lubang dosa dengan perbuatan zina. Pernikahan juga salah satu upaya memperoleh keturunan dan ketentraman batin.

Allah SWT berfirman:

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

Artinya: Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir. (QS. Surat Ar Rum: 21)

Menikah juga merupakan sunah Rasulullah SAW, bahkan Baginda Nabi Muhammad SAW menyatakan orang yang membeni pernikahan bukan termasuk golongannya.

Berikut doa walimatul ursy yang diajarkan Rasulullah SAW ketika menghadiri resepsi pernikahan dikutip dari buku Ritual dan Tradisi Islam Jawa karya KH Muhammad Sholikhin:

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِى خَيْرٍ

Latin: Baarakallahu laka wabarakoa 'alaika wajma'a bainakumaa fii khoir.

Artinya: ”Semoga Allah memberikan berkah untukmu, semoga Allah memberi berkah padamu dan menghimpun kalian berdua (sebagai suami istri) dalam kebaikan".

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: