Hikmah

Dzikir Setelah Sholat Dhuha Sesuai Sunnah

Kastolani · Jumat, 22 Januari 2021 - 23:00:00 WIB
Dzikir Setelah Sholat Dhuha Sesuai Sunnah
Dzikir setelah sholat dhuha untuk memohon kelancaran rezeki. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Dzikir setelah sholat dhuha merupakan salah satu upaya Muslim memohon kelancaran dan dibukakan pintu rezeki serta dijauhkan dari kefakiran.

Sholah dhuha boleh dikerjakan dengan dua rokaat, empat rokaat, delapana rokaat dan maksimal 12 rokaat dengan dua rakaat sekali salam. Jadi, jika 12 rokaat, maka dilakukan dengan 6 kali salam.

Hukum sholat dhuha yakni sunnah. Sholat dhuha sebaiknya dikerjakan saat matahari mulai naik antara pukul 06.30 WIB sampai seperempat siang antara pukul 10.00 WIB.

Dalil dianjurkannya sholat dhuha yakni sabda Rasulullah SAW:

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: أوصاني خليلي صلى الله عليه وسلم بثلاث صيام ثلاثة أيام من كل شهر وركعتي الضحى وأن أوتر قبل أن أنام

Artinya: Dari Abu Hurairah RA. beliau berkata: Kekasihku Rasulullah SAW. mewasiatkan kepadaku dengan tiga perkara: Puasa tiga hari setiap bulan, dua rakaat shalat dhuha, dan shalat witir sebelum tidur.

Keutamaan sholat dhuha

Sholat sunah dua rokaat ini memiliki banyak keistimewaan atau fadhilah. Salah satunya untuk memohon kelancaran rezeki. Berikut empat keutamaan sholat duha:

1. Ampunan dosa

Imam at Tirmidzi dan Ibnu Majah dalam riwayatnya menjelaskan bahwa orang yang membiasakan salat duha dosanya akan diampuni oleh Allah SWT, meskipun dosa tersebut sebanyak buih di lautan.

Rasulullah bersabda:

"Siapa yang membiasakan (menjaga) shalat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3