Hikmah

Hadist-Hadist tentang Sabar Beserta Keutamaannya

Kastolani · Kamis, 17 Desember 2020 - 12:44:00 WIB
Hadist-Hadist tentang Sabar Beserta Keutamaannya
Muslim dianjurkan bersabar dan berdoa saat mendapat musibah. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Hadist tentang sabar, Rasulullah Saw bersabda: "Sabar itu ada empat : sabar dalam menjalankan fardhu, sabar dalam menghadapi musibah, sabar menghadapi gangguan manusia dan sabar dalam kefakiran. Sabar dalam menjalankan kewajiban adalah taufik, sabar dalam menghadapi musibah berpahala, sabar dalam menghadapi gangguan manusia adalah cinta dan sabar dalam kefakiran adalah ridlo Allah ta'ala."

Sabar merupakan salah satu sifat mulia yang mesti dimiliki Muslim. Allah SWT pun sangat mencintai hamba-hamba-Nya yang bersabar dalam menjalankan ketaatan-Nya baik dalam beribadah maupun menjaga diri dari perbuatan maksiat.

Allah SWT berfirman:

وَاسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِۗ وَاِنَّهَا لَكَبِيْرَةٌ اِلَّا عَلَى الْخٰشِعِيْنَۙ


Artinya: Dan jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu," (QS. Surat Al Baqarah:45)

Ibnu Katsir menjelaskan Pengertian sabar menurut suatu pendapat yang dimaksud adalah puasa, menurut apa yang di-nas-kan oleh Mujahid. Al-Qurtubi dan lain-lainnya mengatakan, karena itulah maka bulan Ramadan dinamakan "bulan sabar", 

Menurut pendapat lain, yang dimaksud dengan sabar ialah menahan diri terhadap perbuatan-perbuatan maksiat. Karena itu, dalam ayat ini dibarengi dengan menunaikan amal-amal ibadah; dan amal ibadah yang paling tinggi ialah salat.

Sabar mengajarkan manusia untuk selalu bersyukur atas segala sesuatu yang diberikan oleh Allah SWT.

Tiap manusia pasti pernah ditimpa musibah mulai dari kehilangan harta, ditinggalkan anggota keluarga tercinta, ketakutan dan kelaparan (kemiskinan).

Musibah juga tak melulu yang berujung duka, namun ada musibah yang membuat orang seakan bahagia yakni dengan mendapat jabatan, rezeki melimpah atau kekayaan yang semuanya bisa melenakan seseorang untuk bersyukur.

Sebagai Muslim, jika tertimpa musibah dianjurkan membaca Innalillahi wa innaailaihi rajiuun.

Dalam Alquran, Allah SWT berfirman:

اَلَّذِيْنَ اِذَآ اَصَابَتْهُمْ مُّصِيْبَةٌۗ قَالُوْٓا اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ

Artinya: "(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan:"Innaa lillahi wa innaa ilaihi raajiuun". (QS. Al Baqarah: 156).

Ibnu Katsir menerangkan, Allah Swt memberitahukan bahwa Dia pasti menimpakan cobaan kepada hamba-hamba-Nya, yakni melatih dan menguji mereka. Seperti yang disebutkan di dalam firman lainnya, yaitu: Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menguji kalian agar Kami mengetahui (supaya nyata) orang-orang yang berjihad dan bersabar di antara kalian.

Berikut hadist-hadist tentang sabar dan keutamaannya:

1. Sabar saat Kena Musibah

قَالَ النَّبِيُّ عليه الصلاة والسلام: {الصَّبْرُ عِنْدَ الصَّدْمَةِ الأُولَى}.

Nabi Shollallohu alaihi wasallam bersabda : "Sabar itu pada awal musibah".  (HR. Bukhari Muslim) [No. 1302 Fathul Bari ] Shahih.

2. Sabar Bagaikan Lelaki Mulia

وقال عليه الصلاة والسلام: {لَوْ كَانَ الصَّبْرُ رَجُلاً لَكَانَ رَجُلاً كَرِيمًا}.

Nabi Shollallohu alaihi wasallam bersabda : "Andaikan sabar itu lelaki tentu dia adalah lelaki yang mulia."

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda