Ilmu Tajwid

Hukum Bacaan Tajwid Surat Yunus Ayat 40-41 Lengkap dengan Kandungannya

Kastolani · Minggu, 17 Oktober 2021 - 23:36:00 WIB
Hukum Bacaan Tajwid Surat Yunus Ayat 40-41 Lengkap dengan Kandungannya
Hukum bacaan tajwid surat yunus Ayat 40-41. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Hukum bacaan tajwid Surat Yunus ayat 40-41 ada 15 di antaranya idzhar halqi, idgham bighunnah, idgham bilaghunnah, idgham mimi, dan mad aridh lissukun.

Surat Yunus ini merupakan surat Makkiyah yakni yang diturunkan pada periode Makkah dengan jumlah 109 ayat. Surat Yunus turun setelah Surat Al Isra.

Berikut Alquran Surat Yunus ayat 40-41:

وَمِنْهُمْ مَّنْ يُّؤْمِنُ بِهٖ وَمِنْهُمْ مَّنْ لَّا يُؤْمِنُ بِهٖۗ وَرَبُّكَ اَعْلَمُ بِالْمُفْسِدِيْنَ ࣖ - ٤٠

Dan di antara mereka ada orang-orang yang beriman kepadanya (Al-Qur'an), dan di antaranya ada (pula) orang-orang yang tidak beriman kepadanya. Sedangkan Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan. (QS. Yunus: 40)

وَاِنْ كَذَّبُوْكَ فَقُلْ لِّيْ عَمَلِيْ وَلَكُمْ عَمَلُكُمْۚ اَنْتُمْ بَرِيْۤـُٔوْنَ مِمَّآ اَعْمَلُ وَاَنَا۠ بَرِيْۤءٌ مِّمَّا تَعْمَلُوْنَ - ٤١

Artinya: Dan jika mereka (tetap) mendustakanmu (Muhammad), maka katakanlah, “Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu. Kamu tidak bertanggung jawab terhadap apa yang aku kerjakan dan aku pun tidak bertanggung jawab terhadap apa yang kamu kerjakan.” (QS. Yunus: 41).

Hukum bacaan tajwid Surat Yunus ayat 40-41.

Ayat 40:

1. Idzhar Halqi terdapat pada kalimat (وَمِنْهُمْ). Dihukumi idzhar halqi karena ada nun mati bertemu huruf ha. Adapun cara membacanya yakni terang atau jelas tanpa berdengung.

2. Idgham Mimi atau Idgham Mutamasilaen terdapat pada kalimat (مِنْهُمْ مَنْ) Dihukumi idgham mimi karena ada huruf mim mati bertemu dengan huruf mim. Cara membacanya didengungkan selama 3 harakat.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: