Hikmah

Humor Gus Dur tentang Bra dan Rambu Lalu Lintas Bikin Raja Arab Ngakak

Solichan Arif ยท Minggu, 16 Januari 2022 - 14:46:00 WIB
Humor Gus Dur tentang Bra dan Rambu Lalu Lintas Bikin Raja Arab Ngakak
Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur memiliki selera humor tinggi. (Foto: Instagram/ulama.nusantara)

BLITAR, iNews.idHumor sepertinya sudah melekat pada diri Presiden ke-4 RI, KH Abdurrrahman Wahid yang akrab dikenal dengan Gus Dur. Joke-joke-nya yang cerdas mampu membuat orang menjadi tertawa. 

Tak hanya dalam situasi santai, Gus Dur juga piawai melontarkan lelucon dalam situasi serius hingga membuat suasana kembali mencair. 

Raja Fahd (Raja Saudi Arabia) misalnya. Raja yang disebut sulit tertawa itu, seketika tergelak saat Gus Dur bercerita lucu tentang rambu lalu lintas mamnu ud dhukul atau dilarang dhukul (masuk).

Rambu dilarang dhukul di Arab Saudi itu membingungkan jamaah haji asal Indonesia. Bunyi peringatan di jalan satu arah itu artinya dilarang masuk. Salah seorang jamaah haji asal Indonesia tidak tahu makna harfiah “dhukul” adalah masuk.

Yang diketahui jamaah haji dari mendaras kitab-kitab kuning, makna dhukul artinya berhubungan badan. 

Selain Raja Fahd, Gus Dur juga pernah membikin Raja Qatar tertawa tergelak dan tanpa sadar melemparkan selembar kertas di tangannya.

Saat itu berlangsung konferensi di Doha, Qatar. Terjadi perdebatan dua kepala negara terkait klausul. Apakah perlu dimasukkan ke dalam dekarasi atau cukup disepakati.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda