Huruf Idgham Mutajanisain Kamil serta Ciri-Cirinya

Rilo Pambudi · Senin, 11 Juli 2022 - 16:49:00 WIB
Huruf Idgham Mutajanisain Kamil serta Ciri-Cirinya
Huruf Idgham Mutajanisain Kamil beserta ciri-cirinya (Foto: TafsirAlquran)

JAKARTA, iNews.id - Huruf Idgham Mutajanisain Kamil beserta ciri-cirinya berikut ini perlu dipahami. Mengetahui jenis huruf Idgham Mutajanisain Kamil penting agar dapat membaca Al dengan baik dan benar.

Ada beberapa hukum Idgham dalam hukum Tajwid, antara lain adalah idgham mutamatsilain, idgham mutajanisain, dan idgham mutaqaribain. 

Dalam ilmu tajwid, Idgham artinya adalah salah satu hukum yang berupa padu atau bercampurnya antara dua buah huruf atau memasukkannya satu huruf ke dalam huruf yang lainnya. Maka dari itu,  bacaan idgham harus dilafazkan dengan cara meleburkan suatu huruf dengan huruf setelahnya.

Dilansir iNews.id dari terjemahan Kitab Tuhfatul Athfalika, Senin (11/7/2022), jika Makhrajnya sama, sifat huruf nya berbeda, maka ia disebut sebagai Mutajanisain. Sedangkan Kamil berarti sempurna, yang artinya huruf dilebur secara sempurna.

Berarti, hukum bacaan Idgham Mutajanisain Kamil dalam tajwid adalah meleburkan huruf yang pertama pada huruf yang kedua secara keseluruhan atau sempurna, baik makhrajnya maupun sifat hurufnya.

Huruf dan Ciri-Ciri Idgham Mutajanisain Kamil

Adapun huruf-huruf yang termasuk ke dalam Idgham Mutajanisain antara lain adalah sebagai berikut: 

م ب –ت ط د –ذ ظ ث (Dzal, Dhad, Tsa, Ta, Tha, Dal, Mim, Ba). 

Delapan huruf  tersebut  berasal  dari  tiga  kelompok makhraj yang  berbeda.  Huruf 'mim' dan 'ba' berasal  dari makhraj asy-syafatain (dua bibir).

Sementara huruf 'ta', 'tho', dan 'dal' berasal dari makhraj lisan, tepatnya pada ujung lidah  yang bertemu dengan  pangkal gigi seri  yang atas.  Sedangkan huruf 'ha',  'dzal', 'dho', dan 'tsa' berasal  dari makhraj  lisan, tepatnya  pada  ujung  lidah  yang  bertemu  dengan  ujung  gigi  seri  yang atas.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda