Indonesia Target Jadi Pusat Fashion Muslim, Tren Busana Syar'i Berkembang
JAKARTA, iNews.id - Tren fashion busana muslim di Indonesia terus berkembang. Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah mencanangkan Indonesia menjadi pusat fashion muslim dunia.
Ini melihat potensi besar mulai dari sumber daya manusia, pasar hingga fashion designer berkualitas. Saat ini, Indonesia menjadi negara ketiga konsumen busana muslim terbesar setelah Turki dan Uni Emirates Arab (UEA).
Berdasarkan The State Global Islamic Economy, konsumsi busana muslim di Indonesia berada di angka 20 miliar dolar Amerika Serikat (AS) dengan laju pertumbuhan 18,2 persen per tahun. Tingginya potensi pasar busana muslim telah dibaca pelaku industri kreatif fashion di dalam negeri.
Ini menjadi pemacu pelaku indutri kreatif dan fashion muslim di Indonesia mengembangkan sayap. Prestasi membanggakan terus diukir desainer fashion muslim Indonesia.
Kemenparekraf mencatat beberapa nama yang karyanya telah dikenal hingga mancanegara, antara lain Ria Miranda, Dian Pelangi, Jenahara Nasution dan SiSeSa. Saat ini, SiSeSa telah memiliki 17 butik busana muslim syar'i di sejumlah kota.