Ini Keutamaan dari Membaca Surat Al Fatihah bagi Muslim

Siska Permata Sari ยท Senin, 18 Januari 2021 - 15:30:00 WIB
Ini Keutamaan dari Membaca Surat Al Fatihah bagi Muslim
Program Dai Muda di RCTI+ dipandu oleh Muhammad Vickry. (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNews.id – Al Fatihah merupakan surat pembuka di Alquran dan menjadi bacaan wajib setiap Muslim karena selalu diucapkan di dalam sholat. Keutamaan membaca surat ini juga yang menjadi topik pembicaraan di Dai Muda RCTI+ episode 2 season 4 bersama Muhammad Vickry.

“Kita akan belajar cara membacanya dan kita akan pelajari sedikit demi sedikit makna yang ada di dalamnya. Karena jika kita semakin paham maknanya, akan membuat ibadah kita semakin khusyuk,” ucap sebagai pembuka, dikutip Senin (18/1/2021).

Pada topik pembahasan pertama, Vickry sedikit menjelaskan bahwa membaca surat Al Fatihah merupakan rukun dalam sholat. Jadi jika terjadi kesalahan dalam membacanya, akan berakibat juga dalam sah atau tidaknya sholat tersebut.  

“Minimal kita membaca Surat Al Fatihah itu 17 kali dalam satu hari,” ucap Vickry.

Muhammad Vickry juga menambahkan beberapa fakta lain mengenai surat Al-Fatihah ini. Dia menjelaskan bahwa ketika Nabi Muhammad SAW ada bagian tubuh yang sakit, maka beliau akan memegang bagian tubuh yang sakit tersebut dan membacakannya surat Al-Fatihah.  

“Jadi misalkan tangan kita sakit, daripada mengeluh lebih baik langsung bacakan saja surat Al Fatihah,” kata Vickry sebagai contoh.

Editor : Tuty Ocktaviany

Halaman : 1 2