Hikmah

Kapan Puasa Idul Adha 2022? Simak Jadwal Tarwiyah-Arafah serta Bacaan Niat

Kastolani · Kamis, 30 Juni 2022 - 19:53:00 WIB
Kapan Puasa Idul Adha 2022? Simak Jadwal Tarwiyah-Arafah serta Bacaan Niat
Puasa Idul Adha 2022 bisa dilaksanakan mulai tanggl 8 dan 9 Juli sebelum Hari Raya Kurban. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Kapan Puasa Idul Adha 2022 penting diketahui bagi yang akan menjalankan ibadah puasa sunnah di Bulan Dzulhijjah. Ada dua puasa sunnah yang dilakukan sebelum Idul Adha, yakni Puasa Tarwiyah dan Arafah.

Dalam sidang isbat yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) telah ditetapkan 1 Dzulhijjah 1443 jatuh pada hari Jumat, 1 Juli 2022. Sedangkan Idul Adha 2022 jatuh pada hari Minggu, 10 Juli 2022.

Kapan Puasa Idul Adha 2022?

Merujuk hasil sidang isbat tersebut, Puasa Idul Adha 2022 yakni, Puasa Tarwiyah dilakukan pada 8 Dzulhijjah bertepatan hari Jumat, tanggal 8 Juli 2022. Sedangkan Puasa Arafah dilaksanakan sehari setelahnya yakni tanggal 9 Dzulhijjah bertepatan Hari Sabtu, 9 Juli 2022. Sedangkan pada 10 Dzulhijjah bertepatan tanggal 10 Juli 2022, Muslim dilarang berpuasa karena di hari itu merupakan Hari Raya Idul Adha.

Puasa Tarwiyah dan Arafah termasuk dalam rangkaian Puasa Dzulhijjah yang dilakukan selama 9 hari pada 10 awal Bulan Dzulhijjah. 

Dalil disunnahkannya puasa Dzulhijjah disebutkan dalam sejumlah hadits sebagai berikut.

Dari Hunaidah ibn Khalid, dari istrinya, dari istri-istri Nabi صلى الله عليه وسلم , mereka berkata: 

“Rasulullah SAW biasa berpuasa 9 hari di bulan Dzulhijjah, berpuasa di hari Asyura, berpuasa  tiga hari di setiap bulannya, puasa senin pertama dan juga hari kamis di setiap bulannya”. (HR. Abu Dawud).

Arti Tarwiyah dan Arafah

Istilah tarwiyah berasal dari kata tarawwa yang artinya membawa bekal air. Hal itu karena pada hari tersebut, para jamaah haji membawa banyak bekal air zam-zam untuk persiapan arafah dan menuju Mina. Mereka minum, memberi minum ontanya, dan membawanya dalam wadah.

Imam an-Nawawi (w. 676 H) menjelaskan alasan penamaan ini: Hari ke-8 bulan Dzulhijjah disebut hari Tarwiyah, karena mereka (para jamaah haji) bersiap membawa bekal dan dibawa ketika pergi ke Makkah sampai Arafah. 

Ibnu Qudamah (w. 620 H) menjelaskan asal penamaan ini. Dinamakan demikian, karena para jamaah haji, mereka membawa bekal air pada hari itu, yang mereka siapkan untuk hari arafah. 

Ada juga yang mengatakan, dinamakan hari tarwiyah, karena Nabi Ibrahim ’alaihis salam pada malam 8 Dzulhijjah, beliau bermimpi menyembelih anaknya. Di pagi harinya, beliau yarwi (berbicara) dengan dirinya, apakah ini mimpi kosong ataukah wahyu Allah? Sehingga hari itu dinamakan hari tarwiyah.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda